Skip to main content

'Essentials to start the Beautiful You' Series - Part 2



Halooo, akhirnya saya bisa buka blog.. Sedih banget banget nih, wifi rumah dicabut jadi sulit menjangkau internet, apalagi nulis dan upload-upload di blog T,T

Jadi maaf bangeeeet ya ini serial kedua nyusulnya luama. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali kaaan? Di serial kedua ini saya kasih how to do make up for beginners.

Ini nggak wajib kok, karena kulit kita udah sehat terawat dan terlindungi, pastilah kita udah cantik alami. Preferensi kita aja mau pakai make up atau tidak, karena menurut saya make up itu hanya hiasan aja dan cewek kan biasanya suka yaaa pakai hiasan-hiasan. Wajar kok girls, karena emang wanita itu suka keindahan dan sebenernya wanita itu sendiri adalah keindahan. Jadi, sebagai wanita, pakai make up itu bukan hal yang malu-maluin tapi bukan wajib juga.

Oke, kita mulai yah.. Kembali saya ceritakan, make up apa sih yang dasarnya harus kita miliki sebagai beginner di dunia per-makeup-an? Biasanya, para wanita yang baruuu aja masuk ke dunia rias-merias suka bingung apa sih beda bb cream, cc cream, foundation? Mana yang bagus dipakai sehari-hari? Eyeliner gampang pakai yang cair, pensil, atau gel? Blush on warna apa yang natural? Dan masih banyaaaaaak lagi pertanyaan.

Kalau untuk saya sendiri, pakai make up yang paling dasar adalah base-alis-eyeliner-lipstik/gloss. Mari kita bahas satu-satu^^

1. Base
Base di sini bisa berupa foundie, bb cream, cc cream, atau bahkan bedak aja, diaplikasikan setelah tahap terakhir skincare (sunblock). Apa sih bedanya foundie, bb cream dan cc cream?

Foundation, adalah dasar make up yang paling 'thick' diantara 3 pilihan itu. Ada sih yang sheer coverage, tapi tetep aja yang namanya foundation itu cukup 'tebal' jika digunakan sehari-hari yang artinya mungkin agak terlalu berat bagi kalian makeup user pemula. Foundation ini benar-benar murni makeup, walaupun sekarang banyak foundie yang claim mengandung skincare properties juga.

BB Cream, agak di bawah foundie, dia less thick dan mengandung skincare properties, misalnya UV protection dan moisturiser. Bisa single use, atau kalau kalian udah baca post saya sebelumnya saya tetep merasa wajib pakai moisturiser dan sunblock secara terpisah di step skincare. BB cream juga biasanya tersedia berbagai macam shade dan tingkat coverage, sama seperti foundation. Jadi saya simpulkan BB Cream ini adalah foundation yang diperkaya kandungan skincare lebih banyak.

CC Cream, dibawah BB Cream, biasanya ringan dan tidak meng-cover noda-noda wajah. Menurut saya, CC Cream ini adalah skincare yang mengandung makeup, kebalikan dari BB Cream. Dia mengandung skincare properties juga, kayak si BB, cuma kalo dipakai sendirian biasanya kurang 'nendang' coveragenya. CC cream ini kan kependekan dari color correct/color control dan sejenisnya, jadi kalau di saya sih, CC Cream ini lebih berfungsi sebagai base makeup yang mengoreksi/mengontrol warna kulit yang bermasalah, misalnya kemerahan atau warna kulit tidak merata.

Bedak. Ini yang paling simple. Setelah skincare langsung kamu tumpuk bedak. Ini udah oke banget kok dan pasti semua cewek bisa ya nepuk-nepuk bedak di muka. Ga kaya foundie/bb/cc yang butuh teknik untuk bikin kulit flawless, ga cakey, awet sepanjang hari, ga blentong-blentong. Ya kan? Fungsi dari pakai bedak setelah skincare itu simple, supaya mengurangi minyak dan mengontrol produksi minyak di wajah. Jadi wajah ga mengkilap oily dan tampak segar.

2. Alis
Mungkin ga semua orang ya butuh pakai pensil alis. Kadang kita mau keluar bentar pakai alis, ngerasa lebay atau takut kaya shinchan kalo salah-salah coret. Tapi kalau bagi saya, alis ini penting. Dia bisa seketika mengubah wajah seseorang jadi lebih sempurna, karena alis lah yang membingkai wajah kita dan menonjolkan karakter kita. Tapi kalau kamu merasa bentuk alismu udah oke, ga perlu pakai alis. Step ini bisa di skip dan hemat waktu deh^^

3. Eyeliner
Nah, eyeliner ini penting. Untuk kalian yang pemulaaa banget, wajib ini belajar gambar eyeliner yang pas buat bentuk mata kalian. Kenapa? Karena eyeliner bisa seketika mengubah mata ngantuk bangun tidur jadi mata segar siap menghadapi hari yang keras #wussss. Eyeliner juga bisa mengoreksi mata sayu nan sendu habis begadang semalaman jadi lebih tegas dan 'melek'. Hehehe

4. Lipstik/lipgloss
Ini udah ga diraguin lagi deh manfaatnya. Hampir semua wanita yang mengaku ga bisa makeup, minimal bisa lah ya apply lipstik/lipgloss/lipbalm di bibirnya. Fungsi  lipstik/lipgloss ini sendiri, selain biasanya mereka ada klaim uv protection, moisturising,vitamin, dll, mereka juga bantu banget memberi kesan segar bagi wajah. Seheboh apapun makeup kita, kalau bibir pucat, terlihat kering atau pecah-pecah, pasti ga oke kan. Sebaliknya, seminimal apapun makeup yang kita pakai, kalau kita pakai lipgloss atau lipstik pasti terlihat lebih segar. Jadi, lipstik/lipgloss ini bantu banget buat wanita-wanita makeup user pemula.

Rasanya kurang afdhol ya saya bahas makeup untuk pemula tanpa tutorial. Okay then, I'll show you how to apply those basic makeup for you makeup starter^^ ini cocok banget buat dipakai sehari-hari karena ga ribet dan 'printilan' yang dipakai juga ga banyak, jadi kalian ga perlu takut boros budget cuma buat beli makeup ;)

Kali ini, base yang akan saya pakai adalah bedak. No foundie, no bb cream, no cc cream. Kenapa? Untuk pemula, kadang pakai foundie/bb/cc cream itu memiliki keribetan sendiri, misalnya blentong-blentong, ga rata, cakey, oily, dan lain-lain. Jadi, yang paling mudah adalah pakai bedak. Aman dan nyaman untuk segala suasana :D
Saya juga akan skip eyeliner. Tau kan kenapa? Karena ga semua cewek bisa pakai eyeliner dan bisa saya bilang eyeliner itu part make up yg udah lulus tahap beginner,kekeke

Yuk, langsung cus cyiiin....

Kita mulai degan skincare rutin yah..




*Please bear those dark circles, uneven skintone, big pores, etc ._.*

Setelah skincare, langsung timpa dengan bedak. 
Rapihkan alis dengan pensil, pulaskan lipstik favoritmu
 
Bubuhkan blush on pink tipis-tipis
Done^^

Simple banget kan? Dari tutorial gajelas di atas, saya bisa narik kesimpulan, part yang paaliiing kasih perbedaan antara before-after nya adalah bagian mengisi alis dan pewarna bibir. Buat alis serapih mungkin, natural juga pastinya. Isi aja sesuai bentuk alis asli kamu. Alis yang rapih kasih kesan dandan secara instan. Begitu pula pewarna bibir. Kalau saya, lebih suka pilih yang warna cerah. Lipstik berwarna cerah akan menutupi part wajah lainnya yang make up nya minimalis, selain itu kasih efek segar pada wajah.

Dari foto ke foto, bisa keliatan kan beda antara sebelum pakai kosmetik dan sesudah? No filter loh, pake lighting aja :p

Tunggu seri final dari serial ini yaa..Udah antri di draft kok, ga akan lama-lama kayak kemaren :p

Ini nih peralatannya, dikit banget kan?

Best Regards,

Comments

Popular posts from this blog

My Night Skincare Routine Series 3 - L'oreal White Perfect

Assalamualaikum..
Yeaaah, finally we come to the last step of my skincare routine before bed :3 Oya, saya nulis serial ini murni saya sharing produk yang fine-fine aja di kulit saya sejauh ini dan emang saya merasa kulit jadi lebih bersih dan cerah aja. Jadi mungkin bisa jadi referensi teman-teman yang lagi cari-cari skincare sebelum tidur^^ Hehehe
Oke, cukup sudah prolog nya yaa.. Saya mulai review night cream yang saya pakai, yaitu L'oreal White Perfect. Sebelum ini, night cream yang pernah saya pakai hanya night cream racikan dokter kulit saya kalau kulit saya sedang bermasalah. Kalau lagi oke sih, saya ga pakai night cream. Dulu pernah saya coba Elicina, snail cream gitu, sebagai night cream saya. Tapi saya rasa itu terlalu 'thick' teksturnya, jadi kerasa ga nyaman aja gituu, bikin males pakai. Hehe

Lalu suatu hari saya ke konter L'oreal barengan beli Pre-essence itu, saya beli night cream ini. Lagi diskon kan ceritanya. Dan saya pikir, saya pake serum, pre-essenc…

Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask Review

Assalamualaikum... Hai haii, I'm coming again with another review^^ Kali ini yang mau saya bahas adalah masker Innisfree yang kayaknya heits bingits, Jeju Volcanic Pore Clay Mask. Bahkan yang baru ada yang judulnya Super Volcanic Pore Clay, tapi saya baca review beauty blogger lainnya itu lebih buat yang super oily skin. Saya ga super oily jadi ga pake yang super volcanic deh.. Oya, dulu sempet yang happening itu masker ini tapi yang tipe hard. Saya sendiri belum pernah coba dulu yang hard, tapi katanyaa bikin jerawat cepet kempes. Jadi apakah yang soft ini juga hebring buat jerawat? So, check it out^^
 This Jeju volcanic scoria clay mask intensively adsorbs sebum and clarifies skin pores.
About Jeju volcanic scoria This pure and rare ingredient, formulated from solidified lava caused by volcanic eruptions in Jeju island, adsorbs impurities and sebum that are deeply embedded within skin pores.
Directions: After cleansing and refining skin with toner, gently smooth over entire fac…

Make Over Perfect Cover Creamy Foundation Review & Masami Shouko Puff (Short Review)

Assalamualaikum.. Hellooo, ga bosen-bosen kan sama review saya? Mangaaap, belakangan yang saya post di blog review-review meluluu.. Yang saya lihat belakangan ini ya cuma kosmetik ini, ga ada kejadian atau cerita aneh bin ajaib yang asik ditulis.. Jadi, maklumi yaa.. Tunggu tanggal mainnya, akan ada DIY Project, yang entah gagal atau berhasil bakal teteup saya post di sini. Sekarang masih processing, so please be prepared yaaa..  *spoiler*
Sebenernya saya udah lama ngincer brand Make Over, tapi baru kali ini ada kesempatan nyobain. Karena kebetulan foundie saya udah habis lagii, jadilah yang saya coba adalah foundationnya. Sebelumnya foundation yang pernah saya pakai adalah Wardah yang luminous liquid sama NYX HD Studio, dimana mereka semua liquid dan coveragenya medium. Udah bagus sih, cocok buat sehari-hari. Tapi karena saya sekarang merasa BB Cream udah cukup buat sehari-hari, makanya beli foundie 'agak berat' buat kalo ada acara-acara. That's why, yang saya pilih adal…