Skip to main content

[REVIEW] A New Health-style Trend: Detox! Yay or Nay? ~ FIT DETOX TEA ~

Good day everybodeeeh!
Finally, it's weekend again! And this weekend I have optimism to be more consistent in writing some post for this year ahead! Even I think to make another 'room' for a-more-specific-content, not as random as this blog. But, I'll think again later about it and for now let's talk about this topic: DETOX!

Akhir-akhir ini, aku sering lihat di Instagram online shop yang jual makanan organik, minuman kesehatan, snack sehat, dan lain-lain yang bikin aku tau bahwa healthy lifestyle sekarang sedang jadi trend! Sejak itu, aku jadi makin aware terhadap post-post yang berkaitan dengan makanan sehat, diet sehat, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan 'hidup sehat secara alami'

source: Google Image
source: Google Image
 
But, wait, bukan karena aku gemuk (FYI, aku kurus banget malah), tapi aku ngerasa bahwa aku ga sehat. Aku selalu makan apapun yang pengen aku makan, minum apapun yang pengen aku minum, tanpa mikir kebutuhan tubuhku akan makanan/minuman itu. Ga ada batasan, ga ada pantangan. Apalagi aku kurus, ga ada takut gemuk (karena genetically emang kurus kayanya nih). Tapi tapi, aku jarang olahraga dan aku sendiri pun tau bahwa metabolisme tubuhku juga ga bagus. 

Sejak terekspos gaya hidup sehat di Instagram, aku jadi makin mikir untuk menghentikan kebiasaan makan/minum sembarangan, mulai dikit-dikit juga olahraga, dan jadi rajin untuk kepoin akun-akun Instagram yang berkaitan dengan gaya hidup sehat, khususnya diet sehat, baik itu akun biasa maupun akun online shop, kekeke

Sebelumnya, mungkin aku jelasin dulu ya arti diet itu apa. 

Sebenernya diet itu bukan berarti usaha menurunkan berat badan seperti yang dikenal orang selama ini. Bukan berarti makan didikitin atau malah ga makan sama sekali supaya jadi kurus. Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu (sumber: wikipedia). Jadi, sebenernya ga terbatas pada usaha menurunkan berat badan, melainkan lebih untuk hidup sehat.Nah, jadi concern aku di post ini adalah lebih ke gaya hidup sehat yang seimbang, bukan menurunkan berat badan.

Balik lagi ke topik detoks, aku jadi follow akun-akun 'sehat' yang mengajarkan gerakan-gerakan sederhana untuk 'keep moving' di rumah, mengajarkan pola makan yang lebih 'bersahabat' buat tubuh, bahkan menawarkan produk-produk yang katanya menyehatkan tubuh,seperti vitamin, suplemen makanan, dan tentu saja yang jadi topik utama kali ini: DETOKS!

Produk detoks sendiri ada bermacam-macam, tapi yang paling sering di post di Instagram adalah detoks dengan berbagai tipe minuman. Ada jus, infused water, juga  berbagai merk teh yang katanya lagi bisa bantu detoks tubuh.

source: Google Image
source: Google Image
Enak banget yaa cuma minum minuman di atas bisa langsung detoks tubuh? 

Oke, mungkin ini saatnya aku cerita pengalamanku yang mendorong terbitnya post kali ini.

Gara-gara sering kepo Instagram online shop, lama-kelamaan aku teracuni untuk coba konsumsi teh detoks, which named FIT DETOX TEA. Buatan Australia. Promo dia keren, suka posting hasil before-after minum teh ini, dengan perut yang tadinya buncit jadi rata. Menggiurkan bukan bisa melunturkan lemak perut membandel hanya dengan teh!

Dia tehnya terdiri dari dua macem: Morning Detox dan Nighttime Cleanse. Jadi kita harus minum sehari dua kali, which is masing-masing macem itu beda. Oya, dia juga ada programnya, bisa pilih 7 hari, 14 hari, atau 28 hari. Mungkin sebenernya kaya ukuran kemasan aja, cuma dia bahasain pake program berapa hari, yang merupakan strategi menarik buat kita mau coba!




Menariknya lagi, saat beli teh ini, aku juga di email semacam panduan program selama mengkonsumsi teh detoks ini. Panduannya terdiri dari work-out routine dan panduan makan sehari-hari kita, apa yang boleh dan apa yang pantang dimakan. Sekedar info, aku ga terlalu ikutin panduan makannya karena menunya susyeh cin, apalagi buat anak kos macam sayah... Tapi untuk work-outnya, oke lah walaupun ga sekenceng di panduan. Olahraga ringan tapi daily boleh lah yaa buat pemula gini *excuse*