Skip to main content

Posts

Showing posts with the label memories

Sebuah Tanya

Saat senyap memenuhi udara
Dan tiada kawan untuk kusampaikan rasa
Hanya menahan sedu yang kubisa

Ditemani seberkas ingatan
Tentang lembutnya senyuman yang kau berikan
Dan halusnya ucapan yang kau katakan

Semua pikiran yang kita bagi
Atau rasa yang kita simpan
Terkadang menyusupkan tanya
Apakah kau merasa yang sama?

All the struggle, it will be worth it

We were young. Playing around. Not taking things seriously. Just having fun and see life as playground.

But sun is up now! Wake up and go chase your dream!

I know it's hard.
I know it's frightening.
But, still, it's exciting!

I see your struggle.
I witness your patience.
It will be worth it.
Trust me, it will be worth it.

You said, do the best and let God does the rest.
Yes, God will do the rest.
Just do your best.

---
With love.

Not because she doesn't care, she just doesn't want to care.

...

There always times when the question comes up. About the past. About the truth. A little voice in her mind always ask for an answer: Was it all true? All the things that made them apart, was it true?

But again, she doesn't want to know. She closes her eyes, her thoughts, from it. It is in the past now. She trusts him. She wants to. All she wants now is, look ahead. Look what's coming.

And she will always be there for him. However hurt her heart is, when she remembers how it was, she will always be there.

She can only pray to God, that He will protect him. Protect them. Pray that everything is getting better.

And all the hurt feeling, she will always keep for herself.

...

Another History, Another Family

Dear readers,

Again, long time no see you guys. After last 'busy' rotation, got chance to experience a WONDERFUL journey.

Dulu, sekitar 10 tahun lalu, zaman masih SMP, aku gabung di tim inti Pramuka di SMP. Waktu itu sih niat gabung ya supaya nambah temen, nambah aktivitas di sekolah dan entah kenapa waktu pemilihan bisa kepilih gitu. Padahal aku ringkih gini kan, tapi yaudahlah dengan menguatkan tekad aku maju dan ga mengundurkan diri.

Dulu sih di Pramuka, kita digembleng untuk ga menye, survive di alam luas yang minim fasilitas, belajar disiplin dan kuat. Kulit item, rambut kusam, bukan masalah. Yang utama sih harus kompak, kerja sama, persamaan. Satu salah, semua push up. Waktu dihukum push-up, lupa halsduk (itu loh dasi merah-putih) ga dimasukin baju trus kena tanah, dihukum lagi push up. Dikit-dikit push up, lari, sit up.

Dan yang paling aku ingat,waktu mau lomba PBB, kami dilatih oleh tentara. Kalo sikap hormat salah, tangan dipukul-pukul ke tanah sampe bener sikap tanga…

Catatan Surabaya

Assalamualaikum.. Gimana nih kabarnya di minggu pertama segala rutinitas kembali ke semula? Akhir-akhir ini Surabaya diguyur hujan terus. Setiap menyentuh waktu dhuhur, mendung sudah mulai mempersiapkan diri menutupi kota. Jam-jam ashar, biasanya udah gelaaap banget, disertai guntur kadang keras kadang kalem. Hujannya sih deres ga deres yah, tapi lamaaa turunnya. Bikin betah banget tiduran dan malas-malasan.
Tapi sayangnyaa, masih ada satu kewajiban yang belum selesai. *Udah sadar ada kewajiban, masih aja pura-pura lupa nih, kekeke
Anyway, dipikir-pikir lama juga ya aku udah domisili di Surabaya. Kota kelahiranku, tapi bukan kota aku beranjak dewasa. Bisa dibilang aku merantau di kota ini, walaupun yahh ga merantau-merantau amat sih. Keluarga banyak di sini juga, kos juga nggak. Hahaha.. Tapi jauh dari orang tua iya.
Kalau mau flashback, dulu emang aku pengen banget merantau ya ke Surabaya dan awal mula merantau ya waktu kuliah. Padahal dulu ga jelas juga mau kuliah apaan, pokoknya d…

Surat dari Masa Lalu – September 2007

PROLOG: Sebelum membaca, perlu saya beritahu dulu, di bawah ini bukan hasil tulisan saya, tapi cukup menginspirasi saya selama ini dalam 'mengarahkan' pikiran saya. Mungkin juga bisa berguna bagi Anda, para pembaca. Tulisan ini sudah saya edit di sana-sini supaya bisa menjadi konsumsi umum. 

Beberapa tahun lalu, saat usiaku 17 tahun, aku pernah berdoa,        “Kini aku memohon pada-Mu Tuhan, tolong aku supaya menjadi dewasa, bukan lagi bersenang-senang, melainkan mempertimbangkan masa depan. Belajar menjadi dewasa ternyata susah, harus bisa mengalah, tidak berat sebelah. Bukan ‘lari dari..’ melainkan belajar memecahkan masalah dan mau meminta maaf jika bersalah. Menjadi dewasa berarti jujur terhadap dunia, tidak berpura-pura, menyimak yang baik, mengabaikan yang tidak baik, dan memperbaiki yang buruk. Aku harus belajar melihat dua puluh tahun ke depan, apakah aku akna menjadi orang yang bertanggung jawab, mau berkorban, dan penuh pengabdian? Apakah aku mawas diri? Apakah kuali…

Teringat Lagi Euforia KKN Waktu Itu

Hmm, sebentar lagi beberapa teman saya akan menjalani KKN, tepatnya liburan semester besok. Saya melihat, mereka begitu bersemangat, excited, khawatir, cemas, dan lain sebagainya. Kemudian saya teringat, dulu saya juga seperti itu.
Tepatnya, beberapa hari yang lalu saya diwawancara oleh (beberapa) teman saya tentang pengalaman KKN dulu. Dan ya, dulu saya khawatir setengah mati dan takut ini-itu, apalagi tempat KKN saya waktu itu, Desa Asem Nonggal Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang Madura, teramat sangat desa dibandingkan tempat KKN teman-teman terdekat saya yang lain.Segera saya menyiapkan membawa ini-itu yang bahkan ternyata sesampai di sana keluar dari koper saja tidak. hehe..
Sedikit introspeksi, dulu sepertinya saya membawa terlalu banyak barang yang ternyata tidak dibutuhkan. Saya membawa terlalu banyak celana panjang dan baju rapi (seperti kemeja dll) karena ternyata kegiatan di luar sedikit, banyak di rumahnya. Dan saya membawa terlalu banyak makanan. Bekal makanan saya wakt…

KKN-BBM 45 Unair Kab. Sampang Kec. Jrengik Desa Asem Nonggal - Chapter 4 : Laskar Pelangi Versi Madura

Ternyata, tidak usah jauh-jauh ke Belitong, kita bisa melihat SD seperti dalam film Laskar Pelangi. Di tempat saya KKN ada sebuah SD yang kondisinya sangat memprihatinkan. SD ini pernah saya bahas sebelumnya dalam posting saya sebelumnya, yaitu SD Asem Nonggal 3.
Pada awal masa KKN kami, kami mengira di Desa Asem Nonggal hanya terdapat dua sekolah dasar negeri saja, yaitu SD Asem Nonggal 1 dan SD Asem Nonggal 2. Namun ketika kami akan mengadakan suatu program kerja di SD Asem Nonggal 2, pak kepala sekolah bertanya kepada penanggung jawab proker hari itu, apa kami tidak mau mengadakan acara di Asem Nonggal 3 juga? Kalau tidak salah begitu cerita awal mula datangnya informasi mengenai keberadaan SD Asem Nonggal 3. Maaf kalau salah, karena penanggung jawab acara yang dimaksud bukan saya, alias saya menceritakan kembali cerita yang pernah saya dengar sesuai memori otak saya. #halah
Nih, foto SD Asem Nonggal 3:









Melihat foto-foto itu, yang paling membuat saya terharu adalah tulisan di papa…

KKN-BBM 45 Kab.Sampang Kec.Jrengik Desa Asem Nonggal - Chapter 3 : Niat baik yang Tertunda

Sepertinya setelah ini akan ada banyak postingan dilengkapi foto yang menunjang tentang kisah KKN saya karena akhirnya saya sudag dapat softcopy foto-foto yang ternyata banyaknya bukan main. Baru saja saya buka-buka folder foto dengan tujuan awal mencari foto yang bisa membangunkan sisi melankolis, tapi ternyata foto yang membuat saya teringat kejadian konyol justru membatalkan niat saya untuk posting foto-foto mellow.
Mungkin bagi beberapa pembaca kejadian tidak ada lucu-lucunya tapi entah mengapa begitu saya lihat bukti kebodohan kami berupa foto kok ya saya jadi tertawa sendiri mengingatnya. Jadi, sebelumnya saya minta maaf kalau ternyata hal yang saya pikir lucu ini ternyata garing bagi Anda.
Ceritanya begini, pada hari kesekian setelah kedatangan kami di Desa Asem Nonggal, ada pengajian pertama yang menurut kami sebaiknya kami hadiri. Hitung-hitung sebagai ajang kenalan, mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar, dan lain sebagainya. Intinya, niat kami saat itu sangat baik, ant…

KKN BBM 45 Kabupaten Sampang Kecamatan Jrengik Desa Asem Nonggal - Chapter 2: Anak-anak Hebat

Lagi, tentang KKN BBM 45 UNAIR yang sangat berkesan bagi saya.
Lokasi KKN kami, seperti di post saya sebelumnya, bertempat di Pulau Madura, tepatnya Kabupaten Sampang Kecamatan Jrengik Desa Asem Nonggal. Secara geografis, desa tersebut terletak di perbatasan antara Bangkalan dan Sampang. Artinya, Desa Asem Nonggal relatif lebih dekat dengan Surabaya dibanding desa-desa lainnya di Kecamatan Jrengik. Dari situ, jika dibayangkan seharusnya desa ini lebih maju daripada desa lainnya. Kan, lebih dekat.
Untuk mencapai desa Asem Nonggal, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam setelah lepas dari Jembatan Suramadu. Dengan jalan yang berkelok-kelok dan gelap gulita ketika malam hari dan macet parah pada siang hari (karena melewati beberapa pasar yang bahkan sapi bisa bebas di tengah jalan), perjalanan menuju Asem Nonggal cukup bisa dinikmati dengan iringan lagu-lagu dangdut maupun pop dan berjoget ria dengan gaya pegang ulekan (itu loh, alat buat ngulek #gataubahasaindonesianyaapa).
Setelah …

KKN BBM 45 UNAIR - Asem Nonggal, Jrengik, Kabupaten Sampang -- Chapter 1: Pengenalan Tokoh

Ahh~ Akhirnya bisa ngeblog juga setelah sekian lama saya mendekam dalam kesenangan di pulau seberang. FYI, saya baru pulang KKN alias Kuliah Kerja Nyata di Pulau Madura, lengkapnya di Kabupaten Sampang, Kecamatan Jrengik, Desa Asem Nonggal. Sebenarnya kepulangan dari Madura sudah beberapa hari yang lalu, tapi saya lalu terbawa ke kota tercinta saya selama beberapa hari dan kebetulan jaringan internet di sana sedang mati.
KKN, menurut saya hampir sama dengan rekreasi edukasi, dimana kegiatan di dalamnya amat sangat menyenangkan. Sekali lagi, ini pendapat saya pribadi yang mungkin berbeda dengan pendapat orang lain. Saya menemukan keluarga baru yang semuanya baik dan menyenangkan. Saya sangat bersyukur ditempatkan di tengah-tengah mereka, yang semuanya meninggalkan kesan dan pelajaran tersendiri untuk saya.
Mungkin akan lebih baik jika saya perkenalkan teman-teman KKN saya dan bagaimana mereka memberi kesan mendalam kepada saya selama 24 hari masa KKN kami:
Ade Dzikri aka Ablee Ketua k…