Ketergantungan Pengobatan Dokter Kulit

Jadi ceritanya nih, saya baru baca-baca di suatu forum tentang thread 'gimana melepas ketergantungan pengobatan dokter kulit'. Baca tulisan-tulisan di situ, saya merasa kok serem yaa, sampe segitunya efek ketergantungannya. Begitu lepas pake produk dokter, jadi jerawatan, bruntusan, kusam, black/whiteheads bermunculan dan masalah-masalah kulit lainnya. Sampe mereka nulis, stress tiap kali berkaca. Bisa dibayangkan gimana stressful-nya kalo lihat kaca bikin senewen? Padahal sebagai cewek, biasanya hobi tuh ngaca-ngaca. Hehehee..

Sejak SMP dulu saya udah pernah pergi ke dokter kulit, pakai produknya juga, tapi kalo gak pake produknya juga gak kenapa-kenapa. Dulu sih awalnya saya ke dokter kulit karena waktu kelas satu SMP muncul jerawat satu gedeeee banget sampe menyerupai tanduk (nb: agak lebay) dan ibu kasihan lihat saya dan bapak menyarankaan untuk dibawa ke dokter kulit aja. Dan sejak itu, kalo ada masalah apa-apa dengan kulit saya selalu ke dokter itu.

Dulu pernah sih dengar produk-produk racikan dokter yang katanya banyak yang berbahaya. Ada yang mengandung merkuri atau bahan-bahan lain yang berbahaya buat kulit kalau digunakandalam jangka panjang. Tapi selama saya pakai produk dokter kulit saya biasanya itu sih nggak ada masalah apa-apa. Katanya, kalo produknya 'keras' kulit muka jadi merah kalo kena matahari, ato kinclong dalam sekejap. Tapi saya nggak, palingan jerawat ilang dan tetep keluar jerawat kalo waktunya keluar, walaupun memang lebih cepet hilang lagi dan tidak berbekas.

Sekarang saya nggak pernah lagi pakai produk racikan dokter, kecuali kalo pas keluar jerawatan banyaaak saya baru ke dokter. Setelah jerawat hilang atau produk habis, saya nggak ke sana lagi. Mungkin dengan begitu juga, jadi gak muncul efek ketergantungan ke produk. Selain itu, lebih aman menurut saya langsung ke dokter spesialis kulitnya, gak usah ke klinik. Di klinik itu sering cuma orang ahli kecantikan, bukan dokter. Pokoknya dipastikan deh yang menangani itu beneran dokter SpKK. Dan yang penting, kulit itu sehat. Kinclong gak kinclong, kalo sehat kan pasti hati tenang setiap ngaca..  :D

Comments