Teringat Lagi Euforia KKN Waktu Itu

Hmm, sebentar lagi beberapa teman saya akan menjalani KKN, tepatnya liburan semester besok. Saya melihat, mereka begitu bersemangat, excited, khawatir, cemas, dan lain sebagainya. Kemudian saya teringat, dulu saya juga seperti itu.

Tepatnya, beberapa hari yang lalu saya diwawancara oleh (beberapa) teman saya tentang pengalaman KKN dulu. Dan ya, dulu saya khawatir setengah mati dan takut ini-itu, apalagi tempat KKN saya waktu itu, Desa Asem Nonggal Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang Madura, teramat sangat desa dibandingkan tempat KKN teman-teman terdekat saya yang lain.Segera saya menyiapkan membawa ini-itu yang bahkan ternyata sesampai di sana keluar dari koper saja tidak. hehe..

Sedikit introspeksi, dulu sepertinya saya membawa terlalu banyak barang yang ternyata tidak dibutuhkan. Saya membawa terlalu banyak celana panjang dan baju rapi (seperti kemeja dll) karena ternyata kegiatan di luar sedikit, banyak di rumahnya. Dan saya membawa terlalu banyak makanan. Bekal makanan saya waktu itu ternyata hampir satu tas sendiri, itu masih ada yang saya selipkan di koper baju padahal. Tapi alhamdulillah, bisa dibuat camilan rame-rame sama teman-teman.

Satu lagi yang saya bawa terlalu banyak, yaitu kekhawatiran. Itu memang sifat dasar saya sih, yang parno duluan. Tapi pada intinya, semua akan menyenangkan kalo dijalani dengan menyenangkan. Nggak usah bawa barang banyak-banyak sepertinya nggak masalah, pokoknya bawa barang yang paling urgent. Plus, nggak usah aneh-aneh pas di sana, deket sama semua teman sekelompok, pasti semua akan asik..

Semangat yaa teman-temaann :D

Comments