The Amazing Apple Cider Vinegar

Pasti sudah pernah dengar kan nama Cuka Apel? Cuka apel adalah cairan hasil fermentasi buah apel segar. Cairan ini mengandung pektin, yaitu jenis serat yang larut dalam air yang dapat mengikat kelebihan kolesterol dan logam berat di dalam usus dan membuangnya keluar. Cuka apel dikenal berkhasiat untuk meredakan nyeri sendi dan menurunkan kolesterol.


Mungkin sudah banyak juga yang tahu, bahwa cuka apel juga berkhasiat bagi kulit karena mengandung unsur-unsur berkhasiat yang dapat melancarkan sirkulasi darah dalam pembuluh darah halus pada jaringan kulit; serta antiseptik untuk mencegah penyebaran bakteri, virus atau jamur yang dapat memicu infeksi; dan mengandung zat-zat lain yang membantu membuang kelebihan lemak pada permukaan kulit dan mencegah kulit kering.

Dari sekian banyak manfaatnya, ada nilai lebih lagi yang biasanya sangat kita perhatikan, yaitu harganya yang murah! Sebotol besar, kemarin saya mengantar teman saya beli, harganya Rp 23.000,- saja. Murah kan, daripada beli skincare ini-itu yang mahal-mahal, plus belum tentu cocok juga kan ke kulit kita.

Nah, sedangkan untuk cuka apel ini, saya sendiri sudah mencoba. Dan hasilnya AMAZZZZIIIIG! Kulit muka [perasaanku] lebih kenyal, lembut, dan pori-pori mengecil (?), plus jadi kliatan glowy gitu ni kulit. Intinya kulit jadi bersiih gitu. Mungkin jadi terlihat too good to be true, tapi ini beneran. Aku merasa ini cuka apel amazing banget bisa bikin kulit wajah bagusan gini.. Hehehe...

Hanya saja saya agak takut kalo kasih 100% cuka apel langsung ke kulit. Takutnya terlalu asam dan akan justru merusak jaringan kulit. Jadinya saya mencampur cuka apel dengan air 1:1. Saya menyimpan campuran ini dalam botol kaca dan menggunakannya seperti menggunakan toner wajah. Baunya mungkin agak menyengat, tapi sebentar kemudian aroma itu akan hilang kok.

Semoga bermanfaat :)


2 comments:

  1. kakcuka apelnya merk apa yah ? dan ga ada campurn bahan kimia kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pake merek tahesta. Dia cuka apel ada gulanya sih kayanya. Basically bisa cuka apel apapun sih menurutku, karena kandungan asamnya itu yang kepake :)

      Delete

Hati yang Kuat

Saat diri ini mantap Dengan hati yang kuat Untuk meninggalkan aku yang dulu Lekas pegang erat keinginan itu Ingat, niat baik sanga...