4 Langkah Mudah Membersihkan Wajah

Dulu, zaman saya masih SD-SMP, rasanya tidak pernah tuh bingung masalah kecantikan, kesehatan kulit, dan tetek-bengeknya. Waktu itu tiap pergi keluar rumah paling-paling pakai pelembab saja, padahal aktivitas di luar ruangan banyak sekali dan berlangsung sampai sore. Tapi masalah wajah seperti jerawat, muka gosong, dan lain-lain tidak pernah dipikirkan. Beda banget sama anak SD-SMP zaman sekarang yang udah perhatian sekali dengan hal-hal terkait kecantikan.Karena perkembangan zaman kah?

Well, menurut saya pribadi sih justru lebih baik mulai memperhatikan masalah kulit sejak dini, asal jangan berlebihan. Kalau anak umur belasan aja yang wajib ya sunblock dan bersihin muka baik-baik. Mereka masih belum perlu facial, apalagi peeling dan hal-hal semacamnya. Nah, kalau umur sudah mulai masuk kepala dua, baru deh boleh lebih lagi perawatannya. Apalagi biasanya umur kepala dua ini cewek-cewek lagi suka-sukanya melakukan eksperimen ke wajahnya. Jadi, perawatannya pun harus lebih ekstra juga.

Saya sendiri punya kebiasaan yang kata teman-teman saya cukup ribet untuk menjadi urusan perawatan wajah sehari-hari. Tapi, menurut saya kalau hasilnya baik, kenapa harus ribet? Toh, kalau sudah terbiasa, nantinya tidak akan terasa lagi ribetnya. Hehe..

Berikut ini 4 Langkah Mudah Membersihkan Wajah yang biasa saya lakukan:
1. Kalau suka ber- makeup bersihkan make up waterproof (seperti eyeliner, mascara, dan lipstick) dengan makeup remover yang baik. Jangan digosok, apalagi ketika di bagian mata karena kulit mata tidak 'setebal' kulit lainnya.
2. Lanjutkan dengan milk cleanser atau oil cleanser, sesuai jenis kulit. Kalau saya lebih suka milk cleanser (karena belum pernah mencoba pakai oil cleanser sih, hehe)
3. Lalu bersihkan milk cleanser itu dengan tisu dan lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun wajah favorit. Ini akan membersihkan sisa-sisa milk cleanser, karena menurut saya kalau langsung apply toner saja masih kurang 'nendang' bersihnya.
4. Baru terakhir oleskan toner menggunakan kapas dan beri pelembab wajah (lagi).

Mungkin kalau dibaca begini terlihat repot sekali ya, tapi daripada wajah tidak bersih dan timbul masalah lalu harus berobat ke dokter dengan biaya mahal, lebih baik mulai sekarang kita membiasakan diri menjaga kebersihan kulit. Bukankah kebersihan sebagian dari iman?

Comments