Skip to main content

Cara Meredam Amarah yang Tidak Perlu

Marah mungkin adalah emosi yang paling sering kita rasakan ketika kecewa terhadap sesuatu. Kita bisa saja merasa marah karena orang lain bersikap tidak sesuai dengan keinginan kita, karena sakit hati, tersinggung, dan lain sebagainya. Intinya, banyak sekali hal yang bisa menjadi alasan untuk kita marah.

Namun, yang saya bahas di sini adalah apakah ada kemarahan tanpa alasan? Mungkin secara logika, jawabannya tidak ada. Tapi ternyata, dalam kenyataan, ada lho orang marah tanpa alasan! Bagaimana itu bisa terjadi?

Alasan yang saya maksud di sini adalah alasan yang pantas untuk membuat seseorang marah. Nah, ternyata tanpa ada alasan seperti itu pun seseorang bisa marah lho.. Mungkin karena mood sedang tidak bagus, mungkin juga karenaa.. pengen aja marah. Lho??

Begini ceritanya, saya mengamati beberapa teman. Mereka sendiri yang bercerita kepada saya bahwa mereka suka marah dengan pacar mereka (masing-masing). Ketika saya tanya, apa alasan mereka marah? Mereka jawab, 'nggak tahu, pengen aja.. Habis sebel.." Saya antara ingin tertawa dan terheran-heran ikut berduka. Anyway, kalau teman saya membaca posting ini, jangan tersinggung ya.. Saya hanya ingin share pikiran aja. Ingin tahu, saya yang aneh atau memang saya benar. Hehehe..

Singkat kata, setelah saya 'wawancara' lebih lanjut, saya bisa mengambil kesimpulan. Mungkin seorang wanita ingin dimengerti laki-laki dengan cara mereka marah atau ngambek, dengan harapan setelah mereka marah, si laki-laki akan mengerti tentang mereka lebih jauh. Bisa juga mereka marah karena ingin 'menyelidiki' tentang si laki-laki itu. Menyelidiki di sini artinya sangat luas dan saya sedang malas menjelaskan. Jadi, silahkan kamu menganalisis sendiri. Hehehe... Kesimpulan saya yang terakhir adalah marah bisa jadi cara supaya si laki-laki lebih perhatian ke si wanita. 

Tapi, apakah benar begitu kenyataannya? Kalau saya pikir-pikir, apa iya marah menjadi cara ampuh untuk hal-hal di atas? Bukankah kalau kita marah-marah si laki-laki malah akan sebel, terus males sama kita? Jadi menurut saya, tidak perlulah kita marah terus-terusan. Kan kasian laki-lakinya juga. Hati kita juga kasian. Capek, tau, marah itu. Capek hati, capek pikiran Ya gak?

Mungkin sudah waktunya bagi kita, untuk belajar mengendalikan emosi kita supaya tidak mudah meledak. Semakin dewasa kita, akan semakin banyak masalah yang akan kita hadapi, dan tidak mungkin kita marah pada semuanya. Bisa-bisa kita mati muda kalau marah terus-terusan.. hehe

Berikut ini cara yang bisa membantu kamu meredam amarah yang tidak perlu. Mungkin bisa bermanfaat untuk membantumu menekan emosi negatif di hatimu. Cara ini cukup ampuh, sih, menurut saya. 
1. Ingatlah kalau orang lain juga manusia, bukan malaikat. Coba deh pikir, emangnya kamu ga pernah bikin sebel orang lain?
2. Positive thinking, tekankan pada dirimu bahwa dia pun tidak dengan sengaja melakukan hal yang menyebalkan itu. Sungguh, tidak akan ada gunanya marah kepada sesuatu memang tidak disengaja. Lebih ringan jika kamu memaafkan dan move on ke hal-hal yang lebih penting.
3. Ikhlaslah. Tarik napas dalam-dalam dan berkatalah dalam hati, "Percayalah, suatu saat dia akan mendapatkan balasannya." Bukan saya mengajari untuk mendendam atau balas dendam. Perkataan itu saya maksudkan, untuk mengikhlaskan perlakuan orang-yang-nyebelin kepada Anda dan biarka Tuhan yang membalasnya. Karena Tuhan pasti tahu mana yang benar, mana yang salah.
4. Jadikan perlakuan menyebalkan teman Anda itu sebagai pelajaran, supaya Anda tidak berbuat yang sama kepada orang lain.

Selamat mencoba.. :)

Comments

Popular posts from this blog

My Night Skincare Routine Series 3 - L'oreal White Perfect

Assalamualaikum..
Yeaaah, finally we come to the last step of my skincare routine before bed :3 Oya, saya nulis serial ini murni saya sharing produk yang fine-fine aja di kulit saya sejauh ini dan emang saya merasa kulit jadi lebih bersih dan cerah aja. Jadi mungkin bisa jadi referensi teman-teman yang lagi cari-cari skincare sebelum tidur^^ Hehehe
Oke, cukup sudah prolog nya yaa.. Saya mulai review night cream yang saya pakai, yaitu L'oreal White Perfect. Sebelum ini, night cream yang pernah saya pakai hanya night cream racikan dokter kulit saya kalau kulit saya sedang bermasalah. Kalau lagi oke sih, saya ga pakai night cream. Dulu pernah saya coba Elicina, snail cream gitu, sebagai night cream saya. Tapi saya rasa itu terlalu 'thick' teksturnya, jadi kerasa ga nyaman aja gituu, bikin males pakai. Hehe

Lalu suatu hari saya ke konter L'oreal barengan beli Pre-essence itu, saya beli night cream ini. Lagi diskon kan ceritanya. Dan saya pikir, saya pake serum, pre-essenc…

Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask Review

Assalamualaikum... Hai haii, I'm coming again with another review^^ Kali ini yang mau saya bahas adalah masker Innisfree yang kayaknya heits bingits, Jeju Volcanic Pore Clay Mask. Bahkan yang baru ada yang judulnya Super Volcanic Pore Clay, tapi saya baca review beauty blogger lainnya itu lebih buat yang super oily skin. Saya ga super oily jadi ga pake yang super volcanic deh.. Oya, dulu sempet yang happening itu masker ini tapi yang tipe hard. Saya sendiri belum pernah coba dulu yang hard, tapi katanyaa bikin jerawat cepet kempes. Jadi apakah yang soft ini juga hebring buat jerawat? So, check it out^^
 This Jeju volcanic scoria clay mask intensively adsorbs sebum and clarifies skin pores.
About Jeju volcanic scoria This pure and rare ingredient, formulated from solidified lava caused by volcanic eruptions in Jeju island, adsorbs impurities and sebum that are deeply embedded within skin pores.
Directions: After cleansing and refining skin with toner, gently smooth over entire fac…

Make Over Perfect Cover Creamy Foundation Review & Masami Shouko Puff (Short Review)

Assalamualaikum.. Hellooo, ga bosen-bosen kan sama review saya? Mangaaap, belakangan yang saya post di blog review-review meluluu.. Yang saya lihat belakangan ini ya cuma kosmetik ini, ga ada kejadian atau cerita aneh bin ajaib yang asik ditulis.. Jadi, maklumi yaa.. Tunggu tanggal mainnya, akan ada DIY Project, yang entah gagal atau berhasil bakal teteup saya post di sini. Sekarang masih processing, so please be prepared yaaa..  *spoiler*
Sebenernya saya udah lama ngincer brand Make Over, tapi baru kali ini ada kesempatan nyobain. Karena kebetulan foundie saya udah habis lagii, jadilah yang saya coba adalah foundationnya. Sebelumnya foundation yang pernah saya pakai adalah Wardah yang luminous liquid sama NYX HD Studio, dimana mereka semua liquid dan coveragenya medium. Udah bagus sih, cocok buat sehari-hari. Tapi karena saya sekarang merasa BB Cream udah cukup buat sehari-hari, makanya beli foundie 'agak berat' buat kalo ada acara-acara. That's why, yang saya pilih adal…