Sakit Itu Nggak Enak

Sejak kecil, saya memang lumayan sering sakit, terutama batuk, pilek, masuk angin, demam.. Seingat saya, sih, saat kelas 2 SD saya untuk pertama kalinya merasakan sesak napas gara-gara batuk. Sampai sekarang pun, seringnya saya asma ya gara-gara batuk. Sungguh mengganggu, apalagi batuk juga sering sepaket dengan pilek. Walaupun kedengarannya penyakit yang sederhana, tapi cukup membuat saya nggak enak keluar rumah, males mau ngapa-ngapain, pokoknya lemeees banget, gak bersemangat. Apalagi mau long weekend gini dan ada rencana liburan keluar kota, malah sakit gini, bete-nya jadi dobel-dobel deh.

Nah, mau bagi-bagi cerita tentang apa yang saya lakukan ketika menghadapi sakit batuk-pilek-asma gini, nih.. Daripada saya geletakan gak berguna kek sarung kotor, mending nulis blog agak geje dikit, gapapa kan?hehe..

Pertama, kalau udah ngerasa tenggorokan agak nggak enak, ada tanda-tanda mau batuk, saya STOP minum es, makanan ringan macam chiki dkk, goreng-gorengan yang berminyak banget. Saya banyakin minum air putih, tapi paling enak ya minum teh/lemontea hangat agak panas. Di tenggorokan rasanya 'nyoss' legaa banget. Ini akan saya lakukan selama tenggorokan saya mulai gak enak, sedang batuk, atau sedang asma.

Kedua, kalau udah beneran batuk dan asma, saya olesin Vicks Vaporub di leher sampe dada, minyak kayu putih di perut, terus balut-balutin selendang di leher. Kipas angin atau AC DILARANG nyala, kecuali kalau udah mendesak banget. Dijamin deh, tidur akan terasa mandi keringat dingin, keringat mengucur deras, tapi harus ditahan.

Ketiga, akhir-akhir ini saya diperkenalkan dengan permen Fisherman's Friend yang cukup membantu melegakan tenggorokan, walaupun sifatnya agak temporary. Tapi kalau mau sabar, bisa kok sedikit menyembuhkan sakit tenggorokan/batuknya, selama belum terlalu parah. Dan, baru-baru ini juga, saya diperkenalkan dengan semacam obat cina, namanya Lo Han Kuo Infusion. Itu semacam bubuk yang dipadatkan, terus nanti dikasih air hangat kemudian diminum. Obat ini (atau jamu, lebih tepatnya) bisa mengencerkan dahak, menyembuhkan panas dalam, menguatkan paru-paru juga. Ini kata tulisan di bungkusnya, sih..hehe

Keempat, sekarang saya berusaha seminimal mungkin minum obat. Kalau udah gak nahan, baru minum obat batuk. Obat asma saja akhir-akhir ini gak pernah pakai. Dulu kalau minum obat asma, separo tablet aja udah tremor sebadan. Kalau pakai obat semprot, tetep tremor walaupun cuma di bagian tangan yang kerasa. Kalau bisa, saya cuma makan permen, minum-minuman hangat, kerokan.. Hehehe

Tapi intinya, sakit itu nggak enak. Sangat mengganggu aktivitas, merusak selera makan, menurunkan mood dan semangat. Jangan sampai sakit, deh, yaa...

2 comments:

  1. jaga kesehatan ci
    jangan kena dingin2..kamu lak gampang meler

    ReplyDelete
  2. Sbulan sdh aku nya batuk sbulan, toh gk sembuh2 tuh... Aku kurangi yg gorengan, dingin dan jaga kondisi bdn... Thanks buat infonya yoo... Skarang akunya dah sembuh

    ReplyDelete

Hati yang Kuat

Saat diri ini mantap Dengan hati yang kuat Untuk meninggalkan aku yang dulu Lekas pegang erat keinginan itu Ingat, niat baik sanga...