My Natural Skin Remedies

Assalamualaikum..
Halo semuanyaaa..
Ini Senin gembira kali yaa, kan besok libur lagii XD
Di post kali ini aku mau cerita tentang perawatan yang aku lakuin kalo kondisi kulitku lagi jelek.

Pernah ngalamin nggak tiba-tiba kulit ini jadi kering, tapi di applezone dan antara alis ini berminyak parah? Kalo dipegang, kulit rasanya ga mulus, banyak bruntusan entah apa. Dikacain keliatan pori-pori besar dan flek serta bekas jerawat semakin jelas terlihat. Huhuhuu, sediiih deh kalo udah gitu.. Mau cobain skincare apa bingung (mana mikir-mikir harus merogoh kantong seberapa dalam), pakai yang sudah ada yaa ga nampol. Skincare-ku terbatas yang standar aja sih soalnya, semacam toner, pembersih, pelembab, sunscreen.. Selain itu ada sih semacam pre-essence, serum, night cream, tapi yang propertiesnya standar semacam brightening, moisturising, itu aja sih. Masker yaa juga yang buat kulit lagi normal (ada kan ya masker mujarab buat kulit ini-itu yang lebih spesifik?). Intinya, skincare yang tersedia di sekitarku ya terbatas lah.

Nah, jadilah aku mencari cara hemat dan mudah untuk memperbaiki kondisi kulit. Ga mudah-mudah banget sih, karena butuh ketelatenan dan kesabaran setiap hari. Plus hasilnya ga instan, tapi cukup memuaskan kok kalo menurutku..

1. Toner
Toner yang aku punya di rumah adalah toner yang moisturising, bersihin pori dari sisa make up, menenangkan kulit, dan seterusnya. Kalo kulit lagi bermasalah, misalnya bruntusan, berjerawat, kering, ato malah berminyak, toner biasa sepertinya kurang nampol yah.. Mau scrubbing pun untuk kulit lagi berjerawat ato kering itu terlalu harsh menurutku. Mungkin yang bisa dilakukan adalah pake peeling pad atau gentle peeling untuk angkat sel kulit mati, bruntusan berkurang, tp ga sekeras scrub. Peeling kan macem-maceem ya, kalo yang sampe mengelupas dan merah-merah itu juga keras sih. Dan mahal. Aku punya cara alami untuk peeling sendiri di rumah. Pake cuka apel! Cuka apel itu mempunyai kandungan antiseptik, bisa melancarkan sirkulasi darah, dan sifat asamnya sih bisa mengangkat sel kulit mati. Dulu aku pernah post tentang cuka apel ini di sini.
Nah, jadi aku pakai cuka apel ini sebagai toner. Aku tetep pakai tonerku biasanya, tapi cuka apel ini aku pakai sehari dua kali, pagi dan malam. Dan aku pakainya dilarutkan dulu di air, dengan perbandingan 1:1. Aku takut aja kalo 100% cuka apel, takut terlalu asam. Dan aku pakainya sambil merem, soalnya kalo ga gitu mata perih kena uapnya. Soal bau, ditahan yaaa, baunya asem beneeer.. Tapi bagus banget buat kulit dan yang ga kalah penting, MURCE BOOOK!! Sebotol aku beli 27ribu-an, di tiap toko beda kali yaa..

2. Pelembab
Pelembab ini aku pake yang ada di rumah aja sih, karena yang aku cari ya melembabkan as usual ajaa. Aku pakai Hadalabo Lotion dan Hadalabo Milk. Sebenernya kalo kulit ga kering banget, boleh pakai lotionnya aja, tapi kemarin sempat kulitku kering kerontang, jadi aku tambah pake milk nya juga. Pelembab ini bagus banget, kapan-kapan aku review deh.. Hehehe

3. Mask
Masker setiap hari? Boleh? Mahal dong?
Boleh kok, tergantung maskernya. Mahal? Nggak juga, tergantung pakai apa. ^^v
Setiap hari aku 'maskeran' pake CSM. Pernah denger CSM kan? Buat yang belum tau, CSM adalah singkatan dari Chizu Saeki Method. Dia adalah skincare guru asal Jepang yang mengajarkan cara murah dan mudah mendapatkan manfaat skincare hingga kulit terdalam *ecieh bahasanya* Itu definisiku sendiri sih.. Sebenernya ada banyaaaak banget perawatan kulit ala Jepang ajarannya dia, sampe ada bukunya kok. Googling aja deh buat lebih lengkapnya. Yang aku bahas di sini hanya maskeran ala dia aja, yang pernah aku baca di femaledaily dan pernah aku liat di youtube lalu aku aplikasikan ala aku sendiri.

Basically sih, ini kayak kompres wajah atau maskeran pake facial lotion murah tapi manfaat melembabkannya maksimal. Boleh pake facial lotion apapun atau cairan lain sesuka hati kamuu. Mau pake facial lotion mahal juga gapapaa, malah bagus. Pokoknya ga sayang aja itu dituang-tuang banyak dan SETIAP HARI. Hehehehee

Kalo aku sih pakai air teh hijau. Jadi, teh hijau aku seduh, masukin botol, terus simpen di kulkas. Cara pakainya, ambil 3 lembar kapas wajah (bisa lebih kalo kamu ga telaten/kapasnya tipis, bisa kurang kalo kamu telaten banget). Aku pakai kapas Selection biasa. Terus itu tiga-tiganya dituangin/dicelupin ke air teh hijau (atau lotion+air atau air lainnya,suka-suka sih). Itu kapasnya jangan sampe basah kuyup yang sampe menetes-netes, tapi harus seluruhnya basah. Terus dikupas deh setipis mungkin dan ditempelin ke muka kayak pakai mask sheet. Biar lebih jelas, aku kasih videonya yaa, kayaknya pakai kata-kata aja jadi membingungkan..hehehe



Kalo ga bisa diputer, klik di sini

Nah, itu dia rangkaian skin remedies ala aku. Harus sabar, rajin, dan telaten setiap hari. Aku udah buktiin ini ngaruh banget ke kesehatan kulit. Kulit jadi lebih lembab dan bercahaya, tapi emang harus rutin. Semoga post ini memberi sedikit bantuan buat kamu-kamu yang lagi bermasalah kayak aku yaaa..
xoxo^^

6 comments:

  1. thank you buat tips-tipsnya...Sebagai cewe memang ga boleh bosen yah ngerawat kulit biar tetep bersih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa,bener banget sist! Hahaha,thanks udah mampir di siniii^^

      Delete
  2. Yang cara ketiga yang dari jepang pernah lihat juga di youtube, tp blm smpt coba, kadang lupa, seringnya pake mask sheet. Nice and helpful info.. salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, dari master chizu saeki^^
      Salam kenal juga Sylvie :)

      Delete
  3. Mba, setelah pakai toner cuka apel mesti dibilas atau boleh lsg make hadalabo lotion n bedak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh langsung kok dear..tunggu tonernya udah kering dulu yah, jadi waktu pakai hadalabo kulitnya masih lembab tapi ga basah kuyup karena toner^^

      Delete

Hati yang Kuat

Saat diri ini mantap Dengan hati yang kuat Untuk meninggalkan aku yang dulu Lekas pegang erat keinginan itu Ingat, niat baik sanga...