'Essentials to Start the Beautiful You' Series - Part 1

Disclaimer: Tulisan saya kali ini semacam speech yah, please bear the looong long sentences, kkk. Dan semua yang saya tulis ini opini saya sendiri yah, kalau ada saran, kritik, boleh share di comment bawah^^

Hallo everyone^^
Di umur saya yang udah 20-something wajar lah yaa kalau saya dan para teman sebaya yang mulai sadar untuk tampil 'beda', lebih aware sama pentingnya performance, jadi pengen mulai belajar dandan buat tampil menarik. Biasanya pertanyaan pertama yang muncul: 'Foundation/BB Cream apa sih ci yang bagus?' Atau 'Lipstik apa ci yang ga bikin kering, nyatu sama bibir?' Selalu selalu deh kosmetik dulu yang ditanyain.

Padahal kalau menurut saya pribadi, pertama kali yang harus diperhatikan kalau kita mulai aware tentang penampilan adalah skincare. Mengapa skincare?

Mari dipikirkan lagi. Mau sebagus apapun kosmetiknya, kalau dasar kulitnya ga sehat, bagaimana bisa riasan menjadi sempurna? Bisa sih disempurnakan, menjadikan make up sebagai topeng. Hmm, tapi maukah kita begitu? Kulit tidak dirawat, hanya ditutupin terus, lama kelamaan justru akan semakin rusak.

Nah, jadi kalau memang serius untuk tampil beda, ingin tampil lebih menarik, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah merawat diri dulu. Make up/kosmetik itu belakangan, dia hanyalah hiasan dari kecantikan yang udah kita semua miliki sebagai wanita *cieeeh

Merawat diri itu gampang gampang susah sih. Yang harus diperhatikan adalah komitmen dan kesabaran. Kita harus benar-benar komitmen untuk konsisten selalu merawat diri kita. Ga harus ke pusat perawatan kecantikan, klinik, atau dokter kulit. Ga harus mahal. Bisa kita lakukan dengan perawatan alami murah meriah, seperti yang pernah saya bahas juga di sini misalnya, atau googling aja banyaaaak banget kok cara perawatan tubuh dan wajah yang murah meriah, aman, dan alami, dan ga mungkin saya tulis di sini satu per satu.

Oke, sekarang lanjut ke langkah paling dasar untuk merawat diri kita. Mungkin ada yang pernah baca tentang ini di post saya duluuuu sekali, tapi gapapa lah yaa saya ulangi lagii ;)

Pertama, jaga kebersihan. Yahh, mandi dua kali sehari paling nggak, hahaha. Itu udah dasar banget lah yaa, dari kecil juga udah diajarin sama ortu buat mandi pagi dan sore. Scrubbing mungkin seminggu sekali, buat angkat sel kulit mati atau kotoran yang tersisa dari sabun di badan.
Buat wajah juga sama. Harus cuci muka minimal 2 kali sehari. Kalau kamu suka keluar rumah, apalagi juga pakai make up, bersihinnya harus ekstra. Kalau saya sih, selain dua kali sehari yang wajib itu, setiap habis keluar rumah saya selalu bersihin muka, minimal pake sabun cuci muka kalau ga make up an. Kalau make up an ya pake cleansing oil atau cleansing milk, sabun muka, dan toner. Itu yang wajib yah..
Yang ga wajib ada lagi nih, yaitu scrubbing muka exfoliate pake peeling gel atau semacamnya. Itu untuk jaga kulit wajah terbebas dari kulit mati yang menumpuk, sisa-sisa kosmetik atau skincare yang tersembunyi. Ini wajib, untuk cegah jerawat. Tapi kalau lagi berjerawat, jangan scrubbing dulu yah, bisa malah iritasi^^

Kedua, lembabkan! Minum air yang cukup. Selain itu boleh ditambah pelembab dari luar, misalnya kalau kulit badan, rajin pakai body lotion tiap habis mandi (saya masih sering lupa ini). Sekarang banyak pilihannya buat lembabin badan, ada body lotion, body butter, body cream, body oil. Belum sabun mandi juga banyak kan yang kandungannya untuk melembabkan..
Untuk wajah, juga jangan lupa pakai pelembab. Karena kalau wajah kita kelembaban terjaga, insyAllah ga akan terlalu berminyak banget kulitnya, karena dia terhidrasi dengan baik juga. Kosmetik juga bisa menempel dengan lebih sempurna^^

Ketiga, protection! Udah pada tau kan kalo cahaya matahari sekarang itu sangat berbahaya untuk kulit? Padahal dulu waktu SD dapat pelajaran sinar matahari pagi bantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D. Nah, sinar matahari siang-sore itu yang berbahaya. Bisa bikin kering, kulit terbakar, bahkan kena kanker! Ga mau kan? Jadi, kewajiban kita lah untuk melindunginya. Pakai sunblock di wajah dan badan secara merata. Jika perlu, ulangi pemakaiannya kalau sedang beraktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu lama.

Kalau saya pribadi, walaupun sekarang banyaaak sekali bertebaran produk 3 in 1 semacam BB Cream, CC Cream yang mengandung kosmetik, tabir surya, sekaligus moisturiser dalam satu wadah, saya tidak pernah skip pelembab dan sunblock saya. Skincare dari kosmetik terdengar kurang 'benar' aja sih bagi saya, hehehe

Nah, karena ini judulnya essential, saya kira tiga itu saja cukup yah.. Pembersih, pelembab, dan perlindungan dari sinar matahari. Kalau masalah masker, serum-seruman dan lain-lain itu udah tambahan, istilahnya perawatan yang lebih intense, bukan dasar lagi yah. Pokoknya tiga hal di atas dilakukan secara rutin setiap hari, insyAllah kulit sehat bisa didapat, cantik jadi lebih maksimal^^
Sekalian, kalau udah bisa rutin begitu, kita belajar untuk menjaga jadwal, menjaga komitmen dan belajar sabar. Hehehe..

Sampai jumpa di part selanjutnya^^
Best Regards,
xoxo

Comments

  1. Ahhh setuju bangettttt.... Skin care itu yang paling penting. Kalau kulitnya sehat, makeup murah pun langsung ciamikkk...

    Salam kenallll...
    Baru pertama kali main kesini. Dan langsung memfollow blog mu...
    Mari bertemannn.... :)

    Mampir ke blog ku yah. Ada postingan tutorial baru menggunakan warna paling hits tahun ini.
    Ditungguuuu....

    -MissPlum-
    http://plumblush.blogspot.com/2014/04/look-out-of-blue.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you yah udah main-main sinih..tutorialnya kereeen, bisa pake warna biru di mata tanpa keliatan lebam habis ditonjok,kekeke..
      Salam kenaaal miss Plum^^

      Delete

Post a Comment