'Essentials to Start the Beautiful You' Series - Part 1

Disclaimer: Tulisan saya kali ini semacam speech yah, please bear the looong long sentences, kkk. Dan semua yang saya tulis ini opini saya sendiri yah, kalau ada saran, kritik, boleh share di comment bawah^^

Hallo everyone^^
Di umur saya yang udah 20-something wajar lah yaa kalau saya dan para teman sebaya yang mulai sadar untuk tampil 'beda', lebih aware sama pentingnya performance, jadi pengen mulai belajar dandan buat tampil menarik. Biasanya pertanyaan pertama yang muncul: 'Foundation/BB Cream apa sih ci yang bagus?' Atau 'Lipstik apa ci yang ga bikin kering, nyatu sama bibir?' Selalu selalu deh kosmetik dulu yang ditanyain.

Padahal kalau menurut saya pribadi, pertama kali yang harus diperhatikan kalau kita mulai aware tentang penampilan adalah skincare. Mengapa skincare?

Mari dipikirkan lagi. Mau sebagus apapun kosmetiknya, kalau dasar kulitnya ga sehat, bagaimana bisa riasan menjadi sempurna? Bisa sih disempurnakan, menjadikan make up sebagai topeng. Hmm, tapi maukah kita begitu? Kulit tidak dirawat, hanya ditutupin terus, lama kelamaan justru akan semakin rusak.

Nah, jadi kalau memang serius untuk tampil beda, ingin tampil lebih menarik, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah merawat diri dulu. Make up/kosmetik itu belakangan, dia hanyalah hiasan dari kecantikan yang udah kita semua miliki sebagai wanita *cieeeh

Merawat diri itu gampang gampang susah sih. Yang harus diperhatikan adalah komitmen dan kesabaran. Kita harus benar-benar komitmen untuk konsisten selalu merawat diri kita. Ga harus ke pusat perawatan kecantikan, klinik, atau dokter kulit. Ga harus mahal. Bisa kita lakukan dengan perawatan alami murah meriah, seperti yang pernah saya bahas juga di sini misalnya, atau googling aja banyaaaak banget kok cara perawatan tubuh dan wajah yang murah meriah, aman, dan alami, dan ga mungkin saya tulis di sini satu per satu.

Oke, sekarang lanjut ke langkah paling dasar untuk merawat diri kita. Mungkin ada yang pernah baca tentang ini di post saya duluuuu sekali, tapi gapapa lah yaa saya ulangi lagii ;)

Pertama, jaga kebersihan. Yahh, mandi dua kali sehari paling nggak, hahaha. Itu udah dasar banget lah yaa, dari kecil juga udah diajarin sama ortu buat mandi pagi dan sore. Scrubbing mungkin seminggu sekali, buat angkat sel kulit mati atau kotoran yang tersisa dari sabun di badan.
Buat wajah juga sama. Harus cuci muka minimal 2 kali sehari. Kalau kamu suka keluar rumah, apalagi juga pakai make up, bersihinnya harus ekstra. Kalau saya sih, selain dua kali sehari yang wajib itu, setiap habis keluar rumah saya selalu bersihin muka, minimal pake sabun cuci muka kalau ga make up an. Kalau make up an ya pake cleansing oil atau cleansing milk, sabun muka, dan toner. Itu yang wajib yah..
Yang ga wajib ada lagi nih, yaitu scrubbing muka exfoliate pake peeling gel atau semacamnya. Itu untuk jaga kulit wajah terbebas dari kulit mati yang menumpuk, sisa-sisa kosmetik atau skincare yang tersembunyi. Ini wajib, untuk cegah jerawat. Tapi kalau lagi berjerawat, jangan scrubbing dulu yah, bisa malah iritasi^^

Kedua, lembabkan! Minum air yang cukup. Selain itu boleh ditambah pelembab dari luar, misalnya kalau kulit badan, rajin pakai body lotion tiap habis mandi (saya masih sering lupa ini). Sekarang banyak pilihannya buat lembabin badan, ada body lotion, body butter, body cream, body oil. Belum sabun mandi juga banyak kan yang kandungannya untuk melembabkan..
Untuk wajah, juga jangan lupa pakai pelembab. Karena kalau wajah kita kelembaban terjaga, insyAllah ga akan terlalu berminyak banget kulitnya, karena dia terhidrasi dengan baik juga. Kosmetik juga bisa menempel dengan lebih sempurna^^

Ketiga, protection! Udah pada tau kan kalo cahaya matahari sekarang itu sangat berbahaya untuk kulit? Padahal dulu waktu SD dapat pelajaran sinar matahari pagi bantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D. Nah, sinar matahari siang-sore itu yang berbahaya. Bisa bikin kering, kulit terbakar, bahkan kena kanker! Ga mau kan? Jadi, kewajiban kita lah untuk melindunginya. Pakai sunblock di wajah dan badan secara merata. Jika perlu, ulangi pemakaiannya kalau sedang beraktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu lama.

Kalau saya pribadi, walaupun sekarang banyaaak sekali bertebaran produk 3 in 1 semacam BB Cream, CC Cream yang mengandung kosmetik, tabir surya, sekaligus moisturiser dalam satu wadah, saya tidak pernah skip pelembab dan sunblock saya. Skincare dari kosmetik terdengar kurang 'benar' aja sih bagi saya, hehehe

Nah, karena ini judulnya essential, saya kira tiga itu saja cukup yah.. Pembersih, pelembab, dan perlindungan dari sinar matahari. Kalau masalah masker, serum-seruman dan lain-lain itu udah tambahan, istilahnya perawatan yang lebih intense, bukan dasar lagi yah. Pokoknya tiga hal di atas dilakukan secara rutin setiap hari, insyAllah kulit sehat bisa didapat, cantik jadi lebih maksimal^^
Sekalian, kalau udah bisa rutin begitu, kita belajar untuk menjaga jadwal, menjaga komitmen dan belajar sabar. Hehehe..

Sampai jumpa di part selanjutnya^^
Best Regards,
xoxo

Ini post ga jelas,skip aja lebih baik

Ga bisa bayangin deh gimana rasanya pasangan suami istri yg LDR,apalagi kalo udah ada anak. Ini saya baru gini aja nyeseknya yaaa ampuuun...
Jadi ceritanya, ini pertamaaa kali banget saya pergi jauh sendirian. Emang sih ada sodara juga di sininya dan saya numpang nginep situ berapa hari. Ini saya ga betaaah banget, hati pengen banget cepet pulang entah itu ke Surabaya atau ke Jember. Kebayang aja biasanya saya di sini pasti ada bapak sama ibu juga, nah ini sendiri.
Bukan karena apa-apa. Sodara di sini baik-baik banget, cuma mungkin saya belom kebiasaan aja kali yaa di sini. Di sini saya ga ngapa-ngapain banget, jadi bingung mau ngapain buat membunuh waktu. Hasilnya, 24 jam rasanya super duper luamaaaa sekali. Bahasa yg ga efektif ya, se-gak-efektif waktuku di sini.
Kemaren sih masih ada mas yang kebetulan kerja di kota ini juga dan menghabiskan weekend di rumah sodara ini juga. Tapi justru bikin saya metal abis (baca: mellow total). Saya jadi inget, saya dan mas udah besar-besar. Mas udah berkeluarga dan kerja di luar kota. Istilahnya, udah hidup mandiri dan 'lepas' dari bapak-ibu. Kangeeeen banget zaman-zaman dulu kita masih kecil-kecil, masih suka berantem.
Dan 2 hari bareng mas sukses bikin aku makin kangen zaman dulu. Karena mas otomatis sama saya terus, ga ada anak dan istrinya, jelas kita cerita" flashback zaman dulu. Dan rasanya kaya kita balik zaman dulu, zaman mas belom nikah, aku masih sekolah, kita suka main berdua. Ini mas udah pulang,balik ke kosnya lagi. Saya sadar kalo momen bareng keluarga itu berharga banget banget. Huhuhuuu, kaaaan metal lagi kaaan. Ini baru saya sama mas ya, gimana istri sama anaknya yg harus LDR?ketemu cuma berapa hari aja dan ga tentu berapa bulan baru bisa ketemu lagi?
Balik lagi deh ke inti saya nulis ini. Saya jadi sedih, waktu saya sama ortu makin habis. Entah karena saya harus kerja, atau udah nikah dan nantinya ikut suami, atau nanti kalo ortu udah ga ada (ya Tuhan, jangan dulu yaa). Seumur-umur, selama saya kuliah di Surabaya pun saya ga pernah se mellow ini. Oke, pernah, tapi kali ini lebih parah.
Dan hal ini membuat saya banyaaak berpikir. Mungkin karena saya kengangguren juga ya, hehehe. Singkat cerita, LDR itu ngga enak. Paham deh pikiran temen" saya yg balik ke kampungnya dan mau cari kerja di sana aja. Tapi emang sih, ga mungkin juga selamanya kita di 'zona nyaman' nempel dalam pelukan dan rasa aman yg ditawarkan orang tua. Cepat atau lambat, kita akan dilepas juga. Aduuuh mental gueh gini banget sih.. mental tempe cuy!
Ini sebenernya saya udah mau nangis bombay aja, cuma saya malu sama sodara di sini kalo tiba-tiba nangis gajelas,kekeke
Sebenernya saya masih belom puas nih nulis mengungkapkan kegundahan hati. Tapi ga akan ada puasnya dan ga akan hilang ini gundah gulana sampai nanti saya kembali ke Surabaya. Atau mungkin sampai Jember?
Oke, sekian

Hati yang Kuat

Saat diri ini mantap Dengan hati yang kuat Untuk meninggalkan aku yang dulu Lekas pegang erat keinginan itu Ingat, niat baik sanga...