Pesan Moral dari Kejadian 'Barusan'

Whoaaa, saya bingung harus menyalurkan emosi saya ini dimana.. Mau di status" mana pun takutnya ada yang terintimidasi. Saya tidak mengintimidasi siapa pun.. Saya cuma... sharing? Hmm, mungkin belajar dari orang lain saja.. Hehe

Saat asyik-asyiknya saya baca-baca forum, handheld saya berbunyi dan isi pesannya adalah 'Ci, baca recent  updates'. Nah, saya buka recent updates, nah lhoo ada sesuatu yang catching banget di mata saya. Dan ternyata benar, yang dimaksud pengirim pesan adalah itu.

Saya mencoba melihat Update itu dari dua sudut pandang, satu dari sudut pandang 'pelaku' dan satu dari sudut pandang teman saya. Mungkin perlu tahu ya, isi Update-nya apaan? Saya kasih perumpamaan aja yaa...

Ini saya nih dibeliin pacar saya (misal lho ya...), misalnya, sebuah gadget yang mahal, saya ambil contoh Galaxy Tab, gitu ya (lagi mupeng itu soalnya). Di saat yang sama, saya juga baru beli Ipad. Terus saya Update status nih ceritanya, "Wahh, aku udah punya Ipad, masih aja dibeliin Galaxy Tab. Orang lain aja belum tentu punya salah satu. Makasih ya sayaaang." Sekali lagi, ini MISAL lho yaaa... Jika ada persamaan tokoh, kejadian, atau hal yang menyindir, anggap saja itu hanya kebetulan semata..

Nah, back to topic, pernyataan seperti di atas harus hati-hati digunakan. Di satu sisi mungkin maksud pelaku adalah dia down to earth, aware sama lingkungan sekitarnya yang mungkin masih kurang dibandingin dia. Maksudnya, dia tuh mikir, 'aduh, aku tu beruntung banget ada seseorang yang care sama aku, bahkan kasih-kasih spesial buat aku.' Intinya, mungkin maksud dia bersyukur..

Tapi di sudut pandang yang lain, pernyataan seperti itu bisa dipandang sebagai tindakan pamer kalo dia lebih dari dia. Orang lain mungkin berpikir, 'Ihh, pamer banget sih punya Galaxy tab sekaligus Ipad?' atau 'Pamer banget sih, mentang-mentang punya pacar?' Nah lhooo, who knows?

Jadi saya menyebutnya, pelaku di sini jadi salah kaprah. Dia justru 'pamer ketidakpamerannya'. Bisa ditangkap maksud omongan saya? Hehehee..

Pesan moralnya, hati-hati kalo ngomong. Bener banget nih, kalimat 'mulutmu buayamu'. Hehehehe

No offense :)

Novel Terjemahan - 'Behind the Scene' The Tunnels

'Behind the Scene' di sini, menurut versi saya sendiri ya.. Bukan versi penulisnya. Jadi belum tentu yang saya tulis ini benar-benar menjadi 'landasan teori' cerita yang dibuat. Jujur saja, saya lebih suka novel terjemahan daripada novel lokal. Sekali lagi, saya menulis 'lebih suka', artinya bukan saya tidak suka novel lokal, hanya lebih suka saja pada novel terjemahan. Saya suka beberapa novel lokal. Tapi tidak sebanyak novel terjemahan yang saya suka.

Nah, lebih khusus lagi, novel terjemahan yang saya suka adalah yang ber-genre fantasi, bisa science fiction, dark fiction, atau apapun yang isinya banyak makhluk-makhluk mitologi atau hal-hal imajinatif lainnya. Jarang, kan, novel Indonesia yang mengangkat tema itu.

Yang saya suka dari novel-novel berjenis itu adalah biasanya makhluk-makhluk yang ada di dalamnya adalah makhluk yang ada di dongeng/legenda, yang tidak ada di legenda/dongeng Indonesia. Entah saya yang kurang gaul atau apa, makhluk mitos Indonesia yang saya tahu adalah sejenis Hanoman, Garuda, Naga, lalu apa lagi ya?? Saya coba googling dan menemukan yang lainnya, tapi saya tidak familiar (berarti saya kurang gaul). Singkat kata, dongeng-dongeng atau legenda Indonesia jarang 'diangkat' ke dalam sebuah novel dan dijadikan keren dan mengikuti zaman.

Nah, saya baru baca di sebuah forum dan ternyata dunia bawah tanah memang ada! Membaca artikel di situ, saya langsung ingat novel The Tunnels yang menceritakan tentang dunia bawah tanah yang diciptakan untuk menjaga dari kepunahan, yang pada akhirnya ada perang antara manusia bawah tanah dan manusia 'permukaan'. 

Di Turki, ada sebuah kota kuno bawah tanah, namanya Derinkuyu. Kota ini tidak digunakan untuk tempat tinggal permanen, melainkan hanya sebagai tempat persembunyian sementara selama kota di permukaan diserang. Kota ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga puluhan ribu orang dapat hidup di bawah tanah, aman dari sebuan tentara selama berbulan-bulan. Maka, 'arsitek' Kota Derinkuyu memasukkan 50 lebih tabung ventilasi ke dalam rancangannya. Selain banyak sumuur, kota itu memiliki sungai bawah tanah alami untuk membantu memenuhi kebutuhan air warga. Derinkuyu mempunyai ruangan-ruangan yang mendukung kegiatan sehari-hari, seperti dapur, ruang makan, kedai minum, toko, bahkan sekolah. Ada akomodai untuk banyak keluarga juga ruangan untuk binatang peliharaan, kebun, dan makanan yang cukup untuk kurang lebih setengah tahun.

Nih, beberapa fotonya dari hasil googling :D

 

Wahh, hebat yaa.. Berarti cerita di novel The Tunnels dan novel-novel lain yang mengangkat kehidupan bawah tanah, ternyata memiliki dasar dari ceritanya. Maksud saya, ga yang tiba-tiba mengarang. Saya ingiiiin sekali bisa menulis cerita fiksi seperti itu. Mungkin saya harus lebih banyak membaca berita dan ensiklopedi yaa.. Hehehe..

Musim Galau IP, Saya Galau...

Beberapa lama setelah selesai UAS gini, mulai deh banyak orang yang membicarakan 'gimana nih IP-mu?', 'gimana nih nilaimu?' atau 'Aduhh, IPku turun nih kayaknyaaa..', 'Aduuuh, berapa ya nilaiku??' de el el.

Dan entah mengapa, semester ini saya amat sangat santai, gak mikirin nilai sama sekali. Sepertinya greget kuliah sudah mulai turun, seperti teori kakak saya waktu itu, semakin lama kuliah akan semakin bosan dan malas. Seperti semester-semester dulu saya gak malas ajaa.. Hehehehe...

Tapi beneran deh, semester ini lebih gak mikir lagi tentang nilai. Emang dari dulu sepertinya saya juga tidak pernah mikir nilai harus berapa, IP harus berapa. Jalani aja biasaa.. Terlebih lagi semester ini. Saya lupa pernah nulis di posting sebelumnya atau belum, tapi semester ini saya rasanya nggak kuliah. Ke kampus cuma duduk di kelas sebentar, nonton orang presentasi, pulang. Paling-paling garap tugas yang mulai menumpuk begitu mendekati deadline. Ujian pun cuma ngumpulin tugas. Yaa ada ujian satu/dua mata kuliah. Gitu caranya, nilai apa yang saya harapkan? Nilai tugas kan terserah dosennya. Menurut saya, nilai tugas makalah dan sejenisnya itu bukan nilai yang diukur dari benar-salah, melainkan tergantung dosennya.. Dan oleh karena itu saya juga gak terlalu mikirin mau dapat nilai berapapun tugas saya, yang penting udah ngerjain dan menurut saya udah maksimal. Hehehehe

Sementara semua mikirin nilai, saya mikirin, liburan ini saya sebenernya bisa pulang nggak sih? Ngitung tanggal hampir setiap hari, mengira-ngira kapan saya bisa dengan tenang pulang kampung, berapa hari saya bisa di sana, kira-kira biaya-nya worthy nggak dibandingin lamanya liburan di sana.. Ahh, banyak pertimbangan yang bikin galau. Terlebih lagi kalau salah satu dari orang tua yang telpon dan tanya 'Mbak, jadinya pulang nggak?' Rasanya berat mngucapkan 'Sepertinya nggak pulang', tapi di sisi lain saya juga tidak bisa menjanjikan. Hmmm....


My Personality

sumber: click here
Iseng-iseng baca artikel tentang 4 kepribadian dasar seseorang (Sanguinis, Plegmatis, Koleris, Melankolis), Memang tidak ada kepribadian mana yang baik dan mana yang buruk, semua sama saja dan tergantung bagaimana kita melihat kelemahan kita lalu menyikapinya. Hanya saja, dari artikel yang saya baca, cukup penting untuk mengetahui kepribadian seseorang, terutama saat kita berinteraksi dengan orang lain di berbagai situasi dan kondisi. Dan, sebagai langkah awal, mungkin ada baiknya untuk mengetahui kepribadian diri sendiri, supaya kita bisa mencoba untuk bersikap lebih baik dari kekurangan-kekurangan kita. Paling tidak, meminimalisir sifat buruk kita.

Dari empat kepribadian dasar itu, ada ciri-ciri yang menurut saya, saya ada di satu kepribadian tapi juga ada kepribadian yang lain. Saya jadi bingung, masa' kepribadian ganda? Hehehe.. Untuk deskripsi ciri-ciri, kekurangan dan kelebihan setiap 4 watak dasar manusia, bisa lihat di sini. Kemudian saya menemukan ada tes kepribadian yang kemudian iseng-iseng saya isi. Kalau pengen tes juga, bisa coba di sini

Daaan, hasilnya kepribadian saya adalah melankolis. Hehehe..
Katanya, orang melankolis ini rapi dan efisien, lebih suka hal yang terencana daripada yang spontan, suka berpegang teguh pada ide/produk yang telah terbukti berhasil. berorientasi pada data, fakta dan angka, serta lebih mengutamakan alasan daripada emosi. Orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan, mempertimbangkan lalu kalau bicara pastilah benar-benar hasil yang telah ia pikirkan secara mendalam sekali. Apa iya ya?

Nah, kelebihan dari orang melankolis ini antara lain (kok seperti promosi ya??) sangat berbakat dan cerdas, penemu/pengembang gagasan, sangat analitis, perfeksionis dan idealis, tak kenal lelah menghasilkan pekerjaan yang baik dan tekun dalam mengejar cita-citanya. Di artikel lain bilang kalau seorang melankolis analitis, mendalam, dan penuh pikiran, serius dan bertujuan, terjadwal, artistik, musikal, dan kreatif, sensitif, mau mengorbankan diri dan idealis, standar tinggi dan perfeksionis (oyaa??), senang princian, tekun, serba tertib dan teratur (salah ini kayaknya), hemat (salah juga), melihat masalah dan mencari solusi kreatif (--a), kalau sudah mulai selalu dituntaskan, berteman dengan hati-hati, puas di belakang layar, menghindari perhatian, mau mendengarkan keluhan, setia, serta sangat memperhatikan orang lain.

Selanjutnya, kekurangan dari seorang melankolis yaitu sering terpusat pada diri mereka sendiri, sering murung/berubah-ubah temperamennya, dikenal dengan sebutan "pencari kesalahan", suka berteori dan cenderung tidak bersosialisasi, sangat pendendam. Yang lain bilang, kalo orang melankolis itu cenderung melihat masalah dari sisi negatif, murung dan tertekan, mengingat yang negatif dan pendendam, mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah, lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan (ini kekurangan ya?), tertekan pada situasi yang tidak sempurna dan berubah-ubah, terlalu menganalisa dan merencanakan (if..if..if..), standar tinggi, hidup berdasarkan definisi, sulit bersosialisasi, sensitif terhadap kritik yang menentang dirinya, sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang), serta skeptis terhadap pujian.

Sepertinya dari kelebihan banyak yang salah dan dari kekurangan banyak yang benar. --a

Am I Childish?

You might ever feel this way: suddenly angry, sad, bad mood, happy, bad mood again, it over and over again. You can say I'm labile or whatever you call it, but yeah, I often feel that way. I might be dependent, pampered, mushy, etc.. But above all, I'm willing to understand the reason behind the actions. I know that you do that for my own sake. I just.. I don't know how to call it, frustrated?? Frustating that I can't do right.. Frustrated at the uncomfortable situation.

When I suddenly hang up the conversation, that means I feel that something wrong I've done. And.. a little bit bad mood. I just do not know what to do next, because I feel something wrong. Does it means childish? Can't solve things right away? 

...

Nikmatnya Berkeringat

Judul saya tampak ironi untuk saya yang sering tidak menyempatkan diri untuk berolahraga. Tapi saya merasakan nikmatnya berkeringat di bulan Ramadhan ini..

Eits,tunggu dulu.. Keringat yang saya maksud di sini, tidak hanya keringat hasil dari berolahraga, tapi juga keringat hasil pembakaran tubuh setelah makan. Hehehe..

Kebetulan, di awal Ramadhan tahun ini tubuh saya terasa tidak fit untuk berpuasa. Badan saya meriang dan saya sedang batuk parah. Mungkin juga karena hawa Surabaya yang agak tidak bersahabat akhir-akhir ini. Yang jelas, di siang hari yang cerah, di saat sedang menjalankan puasa, saya merasa dingiin tapi panas gitu badan saya. Pokoknnya nggak enak lah.

Tapi kemudian suhu tubuh yang aneh itu akan kembali normal begitu berbuka. Setelah makan, minum minuman panas, badan akan berkeringat dan terasa suhu tubuh kembali normal. Tidak seperti siang hari yang tidak berkeringat, tapi merasa dingin dan badan panas. Walaupun batuk juga tidak sembuh, tapi badan terasa enakan dengan hadirnya keringat. Hehehe..

Alhamdulillah... Semoga lancar terus ya puasanya sampai akhir..

Produk Halal di Indonesia

    



Ini tumben-tumbenan topik yang saya tulis berbau berat-berat dikit. Bukannya sok tahu, cuma pengen nulis aja pendapat saya tentang produk halal yang dijual di Indonesia. Inget-inget sedikit tugas mata kuliah semester kemarin, didukung suasana Ramadhan saat ini. Hehee...

Kalau searching di Google, sertifikasi halal di luar negeri itu ketat banget persyaratannya. Di Indonesia juga ketat sih, tapi ternyata sertifikasi halal Indonesia sering tidak diakui di negara lain. Bahkan, negara-negara Islam yang membutuhkan banyak pasokan produk makanan-minuman halal, justru mengimpor dari negara nonmuslim, seperti Australia dan Brazil.

Saya sendiri sebagai konsumen muslim, merasa bahwa sertifikasi halal di Indonesia dipandang tidak terlalu penting. Sekali lagi, ini menurut saya lho yaa.. Saya jarang beli makanan-minuman dengan melihat dulu ada-tidaknya label halal di kemasan. Bahkan sering saya baru menyadari bahwa tidak ada label halal di kemasan makanan/minuman yang saya konsumen, namun saya tetap lanjut mengkonsumsinya. Mungkin karena saya masih berpandangan bahwa selama tidak jelas-jelas haram, atau bercampur dengan yang haram, berarti produk itu halal. Hmm...

Dari pandangan saya di atas, saya mengasumsikan masih banyak sekali orang Indonesia yang juga sama seperti saya, kurang memperhatikan label halal pada suatu produk. Hal ini bisa dikarenakan masyarakat kita yang mayoritas muslim. Akhirnya, sebagian besar dari kita berpikir bahwa semua produk yang dijual di pasar kita ya produk halal. Masa' sih ada yang jual produk haram di pasar yang mayoritas muslim? Kecuali ketika produk tersebut jelas-jelas haram, seperti daging babi, beralkohol, bangkai, dan lain-lain, kita menganggap semuanya halal.

Namun melihat tren pasar saat ini, sepertinya kita harus mulai memperbaiki pandangan kita mengenai sertifikat halal. Saat ini, perkembangan umat Islam bisa dibilang cukup pesat. Implikasinya, kebutuhan akan produk halal juga ikut meningkat. Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas penduduknya muslim, seharusnya melihat hal ini sebagai peluang yang baik untuk menjadi produsen utama produk-produk halal. Mungkin negara kita hendaknya mulai memperbaiki sistem sertifikasi kehalalan produk supaya bisa lebih dipercaya masyarakat muslim dunia.

CMIIW :D

Renungan Dalam Lagu (Beginner - AKB48)


Whoaa, tiba-tiba saja saya ingin posting lirik lagu AKB48 - Beginner. Kenapa? Karena saya melihat arti dari lagu ini bagus sekali, very motivating (yep, for me), selain itu musiknya enak juga sih :D
Check it out
kinou made no keiken to ka

chishiki nanka nimotsu na dake
kaze wa itsumo toorisugite
ato ni nani mo nokosanai yo

atarashii michi wo sagase!

hito no chizu wo hirogeru na!
fuseta me wo ageta toki ni ZERO ni narunda
bokura wa yume miteru ka?

mirai wo shinjiteiru ka?
kowai mono shirazu mi no hodo shirazu
muteppou na mama
ima bokura wa yume miteru ka?
kodomo no youni massara ni…
shipai sareta kusari wa hikichigirou
Change your mind
Change your mind
nani mo shiranakute ii Beginner!

shippai shite haji wo kaite
kizutsuita koto TORAUMA ni natte
anna omoi nido to iya da to
kashikoku natta otonatachi yo

CHARENJI wa bakageta koto

RISUKU kaihiseru youni
oro kana keisan shite nani wo mamoru no?
bokura wa ikiteiru ka?

ashita mo ikiteitai ka?
wakatta furi shite shittaka buri de
yume mo hisashiburi
sou bokura wa ikiteiru ka?
inochi muda ni shitenai ka?
myaku wo utsu kodou wo ima kanjiro!

Stand up! Together!

umareta hi omoidase!
dare mo ga Beginner!
Stand up! Right away!
hajime kara kantan ni
umaku wa ikanee
Stand up! Together!
saisho ni modoraba ii
mo ichido Beginner!
Stand up! Right away!
hiraki naotte hiraki naotte
dou ni ka naru sa
furui PEEJI wa yaburi sutero
saa hajimeyouze!
We can be reborn all the time

bokura wa yume miteru ka?

mirai wo shinjiteiru ka?
kowai mono shirazu mi no hodo shirazu
muteppou na mama
ima bokura wa yume miteru ka?
kodomo no youni massara ni…
shipai sareta kusari wa hikichigirou

nani mo dekinai

chanto dekinai
sore ga doushita?
bokura wa wakainda
nani mo dekinai
sugu ni dekinai
dakara bokura ni kanousei ga arunda

ame wa yanda

kaze wa yanda
mita koto no nai
hikari ga sasu yo
ima ga toki da

kimi wa umare kawatta Beginner!
TRANSLATION
All the experiences you made until yesterday

And your knowledge are only a burden
The wind will always pass by
And leave nothing behind

Look for a new road!

Don’t open someone else’s map!
When you raise your eyes that were looking at the ground you’ll become zero
Are we dreaming?

Are we believing in future?
Afraid of nothing, careless of what’s our place
As reckless as we are
Are we dreaming now?
We should be as brand new as a child…
Let’s tear off the chains that controlled us
Change your mind
Change your mind
We don’t need to know anything Beginner!

Adults failed and felt ashamed

And suffering has become their trauma
Thinking they don’t want to feel such pain again
They have become smart

Challenges are laughed upon

What are you protecting with your silly calculations
In order to avoid risks?
Are we alive?

Do we want to be alive tomorrow?
We pretend we understand, we feign a knowing look
While we haven’t dreamed in a long while
Yeah, are we alive?
Aren’t we wasting our life?
Feel now the rhythm pulsing through your veins!

Stand up! Together!

Remember the day you were born!
Everyone’s a beginner!
Stand up! Right away!
It won’t go well
Easily from the beginning
Stand up! Together!
You just need to go back to the beginning
A beginner again
Stand up! Right away!
Be defiant, be defiant
It will happen somehow
Tear away the old page
Come on, let’s begin!
We can be reborn all the time

Are we dreaming?

Are we believing in future?
Afraid of nothing, careless of what’s our place
As reckless as we are
Are we dreaming now?
We should be as brand new as a child…
Let’s tear off the chains that controlled us

I can’t do anything

I can’t do it well
And so?
We’re still young
I can’t do anything
I can’t do it right away
That’s why we have possibilities

The rain has stopped

The wind has stopped
A light we’ve never seen before
Is shining
Now’s the time

You are a reborn beginner!
Dari translation-nya pasti sudah bisa nangkep kan pesan dari lagu ini.. Walaupun AKB48 yang saya lihat dulunya seperti segerombolan cewek-cewek cantik dan suka pakai baju seksi, saya jadi agak ngeh setelah mendengar lagu Beginner ini dan bahkan saya jadi sedikit suka sama AKB48. Imej mereka di mata saya berubah menjadi segerombolan remaja perempuan yang sedang belajar menghadapi dunia dan menjadi dewasa. Semangat muda yang mereka bawa sangat berkobar dan itu yang saya tangkap dari lagu ini. Hehehe.. CMIIW

MARHABAN YAA RAMADHAN

Alhamdulillah, saya masih dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini. Masih bersama keluarga saya, masih dengan semuanya. Saya merasa begitu banyak hal yang sangat patut disyukuri di Ramadhan tahun ini. Sejak berbulan-bulan lalu saya menunggu-nunggu bulan ini dan excited banget menyambut Ramadhan tahun ini.

Oya, ada yang bikin sebel kalo waktu bulan puasa begini. Siang-siang waktu puasa, di TV selalu saja iklan minuman dan makanan, juga acara masak-memasak, mendominasi tayangan TV. Kenapa oh kenapa?? Kenapa gak iklan lainnya, misalnya iklan elektronik atau apa kek.. Hmmm...

Dan bulan puasa tahun ini, saya benar-benar menganggur, tidak ikut semester pendek seperti 2 tahun kemarin, tidak magang seperti yang direncanakan, tidak pulang kampung juga.. Menganggur total di Surabaya, tidur-bangun, tolah-toleh, nonton TV, maen laptop.. Benar-benar tidak produktif..

Happy holiday :D

Curahan Hati Seorang Konsumen

Judulnya kelihatan berat dan mellow banget ya?? Tapi ini memang kisah menyedihkan..

Seorang konsumen, sebut saja Bunga, dilanda kekhawatiran untuk membeli ini-itu, khususnya dalam membeli produk makanan dan minuman. Penyebabnya bermula sejak Bunga menonton sebuah acara di salah satu stasiun TV yang bertema investigasi tentang pembuatan berbagai macam produk makanan/minuman yang beredar di pasaran. Di sana dibeberkan banyak sekali fakta curang yang dilakukan oleh produsen makanan/minuman demi meraup untung besar. Makanan/minuman dicampur pewarna tekstil, boraks, pengawet, dan sebagainya. Juga melakukan 'sulap' dari barang kadaluarsa 'kembali' menjadi tidak kadaluarsa. Banyak sekali fakta menyeramkan yang dibeber di acara tersebut.

Bunga antara percaya dan tidak melihat acara itu. Kalau dia percaya, dia takut untuk membeli makanan/minuman ini-itu, bahkan sering curiga jika makanan/minuman berwarna sedikit saja lebih cerah daripada biasanya, atau makanan sedikit kenyal atau apapun. Intinya, si Bunga jadi curigaan, jadi parno mau makan/minum apapun.

Namun, di sisi lain Bunga juga tidak percaya, karena dia pikir kalau saja acara itu membeberkan fakta yang benar-benar ada, seharusnya acara berita di tv akan dipenuhi aksi penangkapan pedagang-pedagang nakal. Kan, seharusnya reporter acara investigasi sudah tahu produsen-produsen mana saja yang nakal, terus bisa lapor polisi, terus akan ada pembasmian produsen nakal lainnya. Iya gak sih?

Pokoknya, Bunga sebagai konsumen makanan/minuman, jadi curigaan sama segala macam makanan/minuman yang dijual di sekitarnya. Jangan-jangan ini gini, jangan-jangan itu gitu. Bahkan untuk makan makanan yang fresh atau beli bahan yang fresh untuk dimasak sendiri saja jadi ketakutan juga. Jangan-jangan bahan tersebut, ikan misalnya, dikasih makan sesuatu yang gak layak. Jangan-jangan kasih pupuk kimia atau obat-obatan ke tanamannya lebay. Lama-lama ya, si Bunga bisa-bisa nanam tanaman sendiri, bikin peternakan sendiri, kembali ke zaman purba, berburu sendiri.


The Amazing Apple Cider Vinegar

Pasti sudah pernah dengar kan nama Cuka Apel? Cuka apel adalah cairan hasil fermentasi buah apel segar. Cairan ini mengandung pektin, yaitu jenis serat yang larut dalam air yang dapat mengikat kelebihan kolesterol dan logam berat di dalam usus dan membuangnya keluar. Cuka apel dikenal berkhasiat untuk meredakan nyeri sendi dan menurunkan kolesterol.


Mungkin sudah banyak juga yang tahu, bahwa cuka apel juga berkhasiat bagi kulit karena mengandung unsur-unsur berkhasiat yang dapat melancarkan sirkulasi darah dalam pembuluh darah halus pada jaringan kulit; serta antiseptik untuk mencegah penyebaran bakteri, virus atau jamur yang dapat memicu infeksi; dan mengandung zat-zat lain yang membantu membuang kelebihan lemak pada permukaan kulit dan mencegah kulit kering.

Dari sekian banyak manfaatnya, ada nilai lebih lagi yang biasanya sangat kita perhatikan, yaitu harganya yang murah! Sebotol besar, kemarin saya mengantar teman saya beli, harganya Rp 23.000,- saja. Murah kan, daripada beli skincare ini-itu yang mahal-mahal, plus belum tentu cocok juga kan ke kulit kita.

Nah, sedangkan untuk cuka apel ini, saya sendiri sudah mencoba. Dan hasilnya AMAZZZZIIIIG! Kulit muka [perasaanku] lebih kenyal, lembut, dan pori-pori mengecil (?), plus jadi kliatan glowy gitu ni kulit. Intinya kulit jadi bersiih gitu. Mungkin jadi terlihat too good to be true, tapi ini beneran. Aku merasa ini cuka apel amazing banget bisa bikin kulit wajah bagusan gini.. Hehehe...

Hanya saja saya agak takut kalo kasih 100% cuka apel langsung ke kulit. Takutnya terlalu asam dan akan justru merusak jaringan kulit. Jadinya saya mencampur cuka apel dengan air 1:1. Saya menyimpan campuran ini dalam botol kaca dan menggunakannya seperti menggunakan toner wajah. Baunya mungkin agak menyengat, tapi sebentar kemudian aroma itu akan hilang kok.

Semoga bermanfaat :)


KANGEN

Memang kadang hidup ini penuh keanehan. Saat kita selalu menghadapi sesuatu secara terus-menerus, kita akan merasa itu biasa saja dan tidak ada yang istimewa. Bahkan kita ingin segera mengakhirinya dan terbebas dari sesuatu itu. Tapi di saat sesuatu tersebut sudah hilang, kita akan merindukan saat-saat kita berkutat dengannya.

Hmm, memang membingungkan terkadang. Dulu dari awal saya kuliah, saya selalu menikmati saat-saat seperti ini. Saat-saat dimana saya terbebas dari tugas, ujian, kuis atau apapun yang berkaitan dengan kuliah. Di saat-saat kosong seperti ini saya selalu bisa bersantai, tidur seharian, atau jalan-jalan dengan teman-teman. Tapi begitu mendekati ujian, biasanya seminggu sebelum ujian, saya akan ke kos teman, belajar bareng, lalu saya ketiduran di sana, tiba-tiba sudah mau malam.. Ah, rindunyaaa.... 

Sekarang, semuanya telah berlalu. Hari ini adalah menjelang libur semester dan semester depan hanya ada mata kuliah penutup masa-masa kuliah saya. Diam-diam di kamar, sendirian, semua flashback tiga tahun ini muncul di ingatan saya. Saya kangen. Saya ingin kuliah lagi, nggak usah liburan. Atau liburan tapi bareng teman-teman, jalan-jalan.. Ahh, semuanya pada pulang kampung.

Masa lalu memang menyenangkan jika dikenang dan memang hanya bisa dikenang. Bagaimanapun waktu terus berjalan ke depan. Dan sekarang saya menemukan, bahwa menjadi orang yang disibukkan oleh ini-itu, direcoki oleh deadline dan teman-teman seperjuangan, terkadang menjadi hal yang sangat menyenangkan. Lebih menyenangkan daripada tidur-tiduran di kamar sendirian, direcoki oleh keheningan yang sepi.

Teman-teman, saya kangeeeen.....

Hati yang Kuat

Saat diri ini mantap Dengan hati yang kuat Untuk meninggalkan aku yang dulu Lekas pegang erat keinginan itu Ingat, niat baik sanga...