Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2012

Pesan Moral dari Kejadian 'Barusan'

Whoaaa, saya bingung harus menyalurkan emosi saya ini dimana.. Mau di status" mana pun takutnya ada yang terintimidasi. Saya tidak mengintimidasi siapa pun.. Saya cuma... sharing? Hmm, mungkin belajar dari orang lain saja.. Hehe

Saat asyik-asyiknya saya baca-baca forum, handheld saya berbunyi dan isi pesannya adalah 'Ci, baca recent  updates'. Nah, saya buka recent updates, nah lhoo ada sesuatu yang catching banget di mata saya. Dan ternyata benar, yang dimaksud pengirim pesan adalah itu.

Saya mencoba melihat Update itu dari dua sudut pandang, satu dari sudut pandang 'pelaku' dan satu dari sudut pandang teman saya. Mungkin perlu tahu ya, isi Update-nya apaan? Saya kasih perumpamaan aja yaa...

Ini saya nih dibeliin pacar saya (misal lho ya...), misalnya, sebuah gadget yang mahal, saya ambil contoh Galaxy Tab, gitu ya (lagi mupeng itu soalnya). Di saat yang sama, saya juga baru beli Ipad. Terus saya Update status nih ceritanya, "Wahh, aku udah punya Ipad, masih…

Novel Terjemahan - 'Behind the Scene' The Tunnels

'Behind the Scene' di sini, menurut versi saya sendiri ya.. Bukan versi penulisnya. Jadi belum tentu yang saya tulis ini benar-benar menjadi 'landasan teori' cerita yang dibuat. Jujur saja, saya lebih suka novel terjemahan daripada novel lokal. Sekali lagi, saya menulis 'lebih suka', artinya bukan saya tidak suka novel lokal, hanya lebih suka saja pada novel terjemahan. Saya suka beberapa novel lokal. Tapi tidak sebanyak novel terjemahan yang saya suka.
Nah, lebih khusus lagi, novel terjemahan yang saya suka adalah yang ber-genre fantasi, bisa science fiction, dark fiction, atau apapun yang isinya banyak makhluk-makhluk mitologi atau hal-hal imajinatif lainnya. Jarang, kan, novel Indonesia yang mengangkat tema itu.
Yang saya suka dari novel-novel berjenis itu adalah biasanya makhluk-makhluk yang ada di dalamnya adalah makhluk yang ada di dongeng/legenda, yang tidak ada di legenda/dongeng Indonesia. Entah saya yang kurang gaul atau apa, makhluk mitos Indonesia …

Musim Galau IP, Saya Galau...

Beberapa lama setelah selesai UAS gini, mulai deh banyak orang yang membicarakan 'gimana nih IP-mu?', 'gimana nih nilaimu?' atau 'Aduhh, IPku turun nih kayaknyaaa..', 'Aduuuh, berapa ya nilaiku??' de el el.
Dan entah mengapa, semester ini saya amat sangat santai, gak mikirin nilai sama sekali. Sepertinya greget kuliah sudah mulai turun, seperti teori kakak saya waktu itu, semakin lama kuliah akan semakin bosan dan malas. Seperti semester-semester dulu saya gak malas ajaa.. Hehehehe...
Tapi beneran deh, semester ini lebih gak mikir lagi tentang nilai. Emang dari dulu sepertinya saya juga tidak pernah mikir nilai harus berapa, IP harus berapa. Jalani aja biasaa.. Terlebih lagi semester ini. Saya lupa pernah nulis di posting sebelumnya atau belum, tapi semester ini saya rasanya nggak kuliah. Ke kampus cuma duduk di kelas sebentar, nonton orang presentasi, pulang. Paling-paling garap tugas yang mulai menumpuk begitu mendekati deadline. Ujian pun cuma ngump…

My Personality

Iseng-iseng baca artikel tentang 4 kepribadian dasar seseorang (Sanguinis, Plegmatis, Koleris, Melankolis), Memang tidak ada kepribadian mana yang baik dan mana yang buruk, semua sama saja dan tergantung bagaimana kita melihat kelemahan kita lalu menyikapinya. Hanya saja, dari artikel yang saya baca, cukup penting untuk mengetahui kepribadian seseorang, terutama saat kita berinteraksi dengan orang lain di berbagai situasi dan kondisi. Dan, sebagai langkah awal, mungkin ada baiknya untuk mengetahui kepribadian diri sendiri, supaya kita bisa mencoba untuk bersikap lebih baik dari kekurangan-kekurangan kita. Paling tidak, meminimalisir sifat buruk kita.
Dari empat kepribadian dasar itu, ada ciri-ciri yang menurut saya, saya ada di satu kepribadian tapi juga ada kepribadian yang lain. Saya jadi bingung, masa' kepribadian ganda? Hehehe.. Untuk deskripsi ciri-ciri, kekurangan dan kelebihan setiap 4 watak dasar manusia, bisa lihat di sini. Kemudian saya menemukan ada tes kepribadian yan…

Am I Childish?

You might ever feel this way: suddenly angry, sad, bad mood, happy, bad mood again, it over and over again. You can say I'm labile or whatever you call it, but yeah, I often feel that way. I might be dependent, pampered, mushy, etc.. But above all, I'm willing to understand the reason behind the actions. I know that you do that for my own sake. I just.. I don't know how to call it, frustrated?? Frustating that I can't do right.. Frustrated at the uncomfortable situation.

When I suddenly hang up the conversation, that means I feel that something wrong I've done. And.. a little bit bad mood. I just do not know what to do next, because I feel something wrong. Does it means childish? Can't solve things right away? 

...

Nikmatnya Berkeringat

Judul saya tampak ironi untuk saya yang sering tidak menyempatkan diri untuk berolahraga. Tapi saya merasakan nikmatnya berkeringat di bulan Ramadhan ini..

Eits,tunggu dulu.. Keringat yang saya maksud di sini, tidak hanya keringat hasil dari berolahraga, tapi juga keringat hasil pembakaran tubuh setelah makan. Hehehe..

Kebetulan, di awal Ramadhan tahun ini tubuh saya terasa tidak fit untuk berpuasa. Badan saya meriang dan saya sedang batuk parah. Mungkin juga karena hawa Surabaya yang agak tidak bersahabat akhir-akhir ini. Yang jelas, di siang hari yang cerah, di saat sedang menjalankan puasa, saya merasa dingiin tapi panas gitu badan saya. Pokoknnya nggak enak lah.

Tapi kemudian suhu tubuh yang aneh itu akan kembali normal begitu berbuka. Setelah makan, minum minuman panas, badan akan berkeringat dan terasa suhu tubuh kembali normal. Tidak seperti siang hari yang tidak berkeringat, tapi merasa dingin dan badan panas. Walaupun batuk juga tidak sembuh, tapi badan terasa enakan dengan h…

Produk Halal di Indonesia

Ini tumben-tumbenan topik yang saya tulis berbau berat-berat dikit. Bukannya sok tahu, cuma pengen nulis aja pendapat saya tentang produk halal yang dijual di Indonesia. Inget-inget sedikit tugas mata kuliah semester kemarin, didukung suasana Ramadhan saat ini. Hehee...
Kalau searching di Google, sertifikasi halal di luar negeri itu ketat banget persyaratannya. Di Indonesia juga ketat sih, tapi ternyata sertifikasi halal Indonesia sering tidak diakui di negara lain. Bahkan, negara-negara Islam yang membutuhkan banyak pasokan produk makanan-minuman halal, justru mengimpor dari negara nonmuslim, seperti Australia dan Brazil.
Saya sendiri sebagai konsumen muslim, merasa bahwa sertifikasi halal di Indonesia dipandang tidak terlalu penting. Sekali lagi, ini menurut saya lho yaa.. Saya jarang beli makanan-minuman dengan melihat dulu ada-tidaknya label halal di kemasan. Bahkan sering saya baru menyadari bahwa tidak ada label halal di kemasan makanan/minuman yang saya konsumen, namun saya te…

MARHABAN YAA RAMADHAN

Alhamdulillah, saya masih dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini. Masih bersama keluarga saya, masih dengan semuanya. Saya merasa begitu banyak hal yang sangat patut disyukuri di Ramadhan tahun ini. Sejak berbulan-bulan lalu saya menunggu-nunggu bulan ini dan excited banget menyambut Ramadhan tahun ini.
Oya, ada yang bikin sebel kalo waktu bulan puasa begini. Siang-siang waktu puasa, di TV selalu saja iklan minuman dan makanan, juga acara masak-memasak, mendominasi tayangan TV. Kenapa oh kenapa?? Kenapa gak iklan lainnya, misalnya iklan elektronik atau apa kek.. Hmmm...
Dan bulan puasa tahun ini, saya benar-benar menganggur, tidak ikut semester pendek seperti 2 tahun kemarin, tidak magang seperti yang direncanakan, tidak pulang kampung juga.. Menganggur total di Surabaya, tidur-bangun, tolah-toleh, nonton TV, maen laptop.. Benar-benar tidak produktif..
Happy holiday :D

Curahan Hati Seorang Konsumen

Judulnya kelihatan berat dan mellow banget ya?? Tapi ini memang kisah menyedihkan..
Seorang konsumen, sebut saja Bunga, dilanda kekhawatiran untuk membeli ini-itu, khususnya dalam membeli produk makanan dan minuman. Penyebabnya bermula sejak Bunga menonton sebuah acara di salah satu stasiun TV yang bertema investigasi tentang pembuatan berbagai macam produk makanan/minuman yang beredar di pasaran. Di sana dibeberkan banyak sekali fakta curang yang dilakukan oleh produsen makanan/minuman demi meraup untung besar. Makanan/minuman dicampur pewarna tekstil, boraks, pengawet, dan sebagainya. Juga melakukan 'sulap' dari barang kadaluarsa 'kembali' menjadi tidak kadaluarsa. Banyak sekali fakta menyeramkan yang dibeber di acara tersebut.
Bunga antara percaya dan tidak melihat acara itu. Kalau dia percaya, dia takut untuk membeli makanan/minuman ini-itu, bahkan sering curiga jika makanan/minuman berwarna sedikit saja lebih cerah daripada biasanya, atau makanan sedikit kenyal a…

The Amazing Apple Cider Vinegar

Pasti sudah pernah dengar kan nama Cuka Apel? Cuka apel adalah cairan hasil fermentasi buah apel segar. Cairan ini mengandung pektin, yaitu jenis serat yang larut dalam air yang dapat mengikat kelebihan kolesterol dan logam berat di dalam usus dan membuangnya keluar. Cuka apel dikenal berkhasiat untuk meredakan nyeri sendi dan menurunkan kolesterol.


Mungkin sudah banyak juga yang tahu, bahwa cuka apel juga berkhasiat bagi kulit karena mengandung unsur-unsur berkhasiat yang dapat melancarkan sirkulasi darah dalam pembuluh darah halus pada jaringan kulit; serta antiseptik untuk mencegah penyebaran bakteri, virus atau jamur yang dapat memicu infeksi; dan mengandung zat-zat lain yang membantu membuang kelebihan lemak pada permukaan kulit dan mencegah kulit kering.
Dari sekian banyak manfaatnya, ada nilai lebih lagi yang biasanya sangat kita perhatikan, yaitu harganya yang murah! Sebotol besar, kemarin saya mengantar teman saya beli, harganya Rp 23.000,- saja. Murah kan, daripada beli ski…

KANGEN

Memang kadang hidup ini penuh keanehan. Saat kita selalu menghadapi sesuatu secara terus-menerus, kita akan merasa itu biasa saja dan tidak ada yang istimewa. Bahkan kita ingin segera mengakhirinya dan terbebas dari sesuatu itu. Tapi di saat sesuatu tersebut sudah hilang, kita akan merindukan saat-saat kita berkutat dengannya.
Hmm, memang membingungkan terkadang. Dulu dari awal saya kuliah, saya selalu menikmati saat-saat seperti ini. Saat-saat dimana saya terbebas dari tugas, ujian, kuis atau apapun yang berkaitan dengan kuliah. Di saat-saat kosong seperti ini saya selalu bisa bersantai, tidur seharian, atau jalan-jalan dengan teman-teman. Tapi begitu mendekati ujian, biasanya seminggu sebelum ujian, saya akan ke kos teman, belajar bareng, lalu saya ketiduran di sana, tiba-tiba sudah mau malam.. Ah, rindunyaaa.... 
Sekarang, semuanya telah berlalu. Hari ini adalah menjelang libur semester dan semester depan hanya ada mata kuliah penutup masa-masa kuliah saya. Diam-diam di kamar, sen…